Bagikan:

JAKARTA - Arsenal merebut kembali posisi puncak klasemen setelah mengalahkan Luton Town 2-0 dalam laga Premier League Inggris di Stadion Emirates, London, Kamis 4 April 2024 dini hari WIB.

Persaingan menjelang akhir kompetisi yang kian panas dan ketat. Tim-tim kandidat juara berusaha keras memenangkan setiap laga yang dilakoni.

Arsenal pun memanfaatkan kesempatan saat bertemu lawan dari papan bawah, Luton. Apalagi, mereka bermain di kandang sendiri. Tim asuhan Mikel Arteta pun memaksimalkan peluang untuk meraih tiga poin.

Hasil imbang 0-0 saat menghadapi Man City tampaknya kian memotivasi pemain Arsenal saat menghadapi laga selanjutnya.

Keinginan mengakhiri kompetisi dengan meraih trofi liga untuk kali pertama sejak 20 tahun lampau membuat pasukan Arteta tampil penuh semangat.

Kemenangan atas Luton menjadikan Arsenal mengantungi poin 68. Mereka unggul satu poin dengan Liverpool yang terpaksa turun ke posisi dua.

Liverpool sendiri baru akan melakoni pertandingan menghadapi Sheffield United di Anfield, Jumat, 5 April 2024 dini hari WIB.

Sementara, Man City juga tengah menghadapi Aston Villa di Etihad. Bila menang atas lawannya, Man City akan menyamai poin Liverpool. Namun mereka tetap menduduki peringkat tiga karena kalah selisih gol dengan The Reds.

Luton sendiri masih berkutat di papan bawah dan berada di zona degradasi. Kekalahan di laga melawan Arsenal menjadikan Luton gagal menambah poin, Mereka tetap menduduki peringkat 18 dan menjadi salah satu tim yang akan turun kasta musim depan.

Di laga itu, Arteta menurunkan tim yang berbeda dibandingkan dengan saat melawan Man City. Ada lima pemain yang tidak dimainkan, termasuk Bukayo Saka yang cedera ringan namun dirinya tetap butuh pemulihan.

Selain itu, Arteta membangkucadangkan pemain inti di antaranya, Jakub Kiwior, Jorginho, Declan Rice dan Gabriel Jesus.

Dirinya kemudian memberi kesempatan kepada Thomas Partey yang baru pertama kali menjadi starter sejak Agustus 2023, Emile Smith Rowe, Leandro Trossard, Reiss Nelson dan Oleksandr Zinchenko.

Meski demikian, Arsenal tetap tampil menyerang. Mereka pun mengambil inisiatif menekan lawan dan menunjukkan dominasi dengan keunggulan penguasaan bola mencapai 80%.

Hanya saja, The Gunners mengalami kesulitan mengonversi setiap peluang menjadi gol. Namun mereka tak menunggu lama untuk membobol gawang Luton.

Arsenal akhirnya unggul setelah kapten Martin Odegaard mencetak gol di menit 24. Berawal dari umpan Kai Havertz yang kemudian diselesaikan dengan baik oleh Odegaard.

Unggul 1-0, pemain Arsenal sesungguhnya kian agresif menekan pertahanan Luton. Namun serangan mereka selalu menemui kegagalan.

Arsenal akhirnya berhasil menambah gol menjelang turun minum. Bek Luton asal Jepang Daiki Hashioka melakukan kesalahan dengan membuat gol bunuh diri. Skor berubah menjadi 2-0 dan bertahan saat babak pertama usai.

Di babak kedua, Arsenal tak menurunkan tempo permainan. Namun tuan rumah mengalami kesulitan menghadapi pertahanan kokoh Luton.

Tidak ada gol yang tercipta di babak itu. Skor pun tak berubah 2-0 dan Arsenal menutup laga dengan kemenangan.