Diragukan Juara Premier League, Declan Rice Tetap Optimistis Arsenal Pungkasi Puasa Gelar
Gelandang Arsenal Declan Rice. (arsenal.com)

Bagikan:

JAKARTA - Arsenal sempat menjadi favorit, tetapi kini mereka diragukan mampu merengkuh titel Premier League. Namun gelandang Declan Rice tetap optimistis Arsenal memungkasi puasa gelar.

Kalah 2-0 saat menjamu Aston Villa di Emirates menjadikan Arsenal mulai diragukan memenangi gelar juara. Hasil itu menjadikan Arsenal tertahan di peringkat dua dengan poin 71. Terpaut dua poin dengan Manchester City yang naik ke puncak klasemen.

Arsenal tak lagi menjadi favorit setelah kekalahan lewat dua gol dari Leon Bailey dan Ollie Watkins. Apalagi, The Gunners masih melakoni tiga laga tak mudah dari enam laga terakhir.

Arsenal akan menjamu Chelsea dalam duel sesama tim London dan selanjutnya menyambangi markas Tottenham Hostpur dalam The North London Derby.

Terakhir Arsenal menghadapi lawan yang tetap harus diperhitungkan, Manchester United, di Old Trafford. Jelas, tim asuhan Mikel Arteta melakoni laga yang berat dan tak mudah meraih poin.

Sebaliknya, Liverpool hanya bertemu lawan berat Tottenham di Anfield. Sebelumnya, The Red bertandang ke tetangganya, Everton, dalam The Merseyside Derby. Ada dua laga berat yang harus dilakoni Liverpool sebelum mengakhiri kompetisi.

Situasi sangat berbeda dihadapi Man City. Mereka menghadapi lawan-lawan enteng. Paling banter, Tottenham yang menjadi lawan serius The Cityzens.

Ini menjadikan Man City difavoritkan mempertahankan gelar juara liga sekaligus mencatat rekor empat kali juara secara berturut-turut. Man City dinilai paling konsisten dan mampu mengatasi tekanan saat memasuki pekan-pekan krusial.

Para pemain pun sudah teruji mental saat menghadapi persaingan di pengujung kompetisi seperti saat Man City bersaing dengan Liverpool atau Arsenal di musim lalu.

Sementara, manajer Pep Guardiola gemar membuat pernyataan-pernyataan yang bertolak belakang. Saat tim dikatakan dalam problem besar karena cedera pemain, mereka malah membantai Luton Town 5-1.

Begitu pula saat mengungkapkan cedera Kevin De Bruyne dan Jack Grealish, ternyata mereka sudah ada di bench dan siap diturunkan.

Begitu pula saat menyebut ada krisis di sektor belakang, namun bek tengah Kyle Walker sudah duduk di bench di laga melawan Luton. Walker pun diyakini bakal tampil melawan Real Madrid di laga kedua perempat final Liga Champions.

Meski demikian, Rice tetap optimistis peluang Arsenal juara Premier League tetap terbuka. Menurut dia pertarungan memperebutkan gelar juara belum berakhir.

"Pertarungan belum usai. Terus terang, kami berada di posisi yang sepertinya sulit dipercaya. Kami selalu siap dan fokus pada apa yang menjadi target kami," kata Rice.

"Semua masih mungkin terjadi di Premier League. Kami tetap berpikir positif. Masih ada enam pertandingan lagi dan kami akan memberikan segalanya. Hal yang baik masih bisa terjadi. Kami hanya perlu fokus saja," ucapnya.

Musim lalu, Arsenal yang memimpin klasemen akhirnya gagal menjadi juara setelah menelan kekalahan telak 4-1 saat melawan Man City.

Kekalahan yang berdampak pada posisi kedua tim. Man City kemudian merebut takhta klasemen tanpa bisa dikejar Arsenal.

Arsenal sesungguhnya memiliki rekor bagus dalam pertemuan dengan The Cityzens musim ini. Mereka menang 1-0 di Emirates dan kemudian bermain imbang 0-0 di kandang Man City.