Arsenal Vs Liverpool: Klopp Ingin Dominan dalam Penguasaan Bola
Striker Diogo Jota akan menggantikan Darwin Nunez saat Liverpool menghadapi Arsenal. (X/@LFC)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Liverpool Jurgen Klopp sudah menyiapkan strategi untuk meredam agresivitas Arsenal. Liverpool harus bisa mendominasi dalam penguasaan bola dalam big match di Premier League Inggris di Stadion Emirates, Minggu, 4 Februari 2024 malam WIB.

Bukan penentuan tetapi bisa menentukan. Begitulah gambaran laga besar Arsenal yang menjamu pimpinan klasemen Liverpool.

Laga ini tidak menentukan Liverpool bakal juara liga. Namun bisa menentukan langkah The Kop menuju tangga juara.

Begitu pula sebaliknya, kemenangan yang diraih Arsenal tidak serta-merta menggagalkan Liverpool, tetapi menjadi langkah yang menentukan mereka untuk bersaing ketat dalam perebutan titel liga.

Liverpool tentu memburu kemenangan setelah mencatat rekor gemilang yang menjadikan The Reds masih kukuh di puncak.

Saat ini, Liverpool mengantungi poin 51. Mereka pun menempati posisi favorit menjadi juara liga sekaligus menyamai rekor Manchester United.

Ya, saat ini Liverpool sudah 19 kali menjadi juara. Sementara, MU masih berstatus pemegang rekor dengan 20 kali memenangi titel liga.

Liverpool sendiri sudah unggul lima poin dari juara bertahan Manchester City. Meski masih menyimpan satu pertandingan, namun Man City hanya bisa menunggu Liverpool terpeleset. Man City berharap Arsenal bisa menghadang laju Liverpool.

Manajer Liverpool Jurgen Klopp berharap karakter dan semangat memenangkan pertandingan tak berubah seperti saat menghajar Chelsea 4-1. Namun Liverpool tetap akan tampil beda saat menghadapi klub London Utara ini.

"Kami harus lebih dominan dalam penguasaan bola. Ini yang harus dimainkan di pertandingan away. Tetapi semua tahu Arsenal bisa mencetak gol lebih duu sebelum kami melakukannya. Dan pendekatan pertandingan ini bakal sepenuhnya berbeda," ucap Klopp.

"Bila akhirnya Anda bisa memenangkan pertandingan, ini tidak akan mudah karena mereka tim yang bagus," katanya.

Klopp masih tak bisa menurunkan skuat terbaik karena Mohamed Salah masih cedera hamstring. Sementara, striker Darwin Nunez belum pulih dari cedera kaki. Bila absen, posisi Nunez digantikan Diogo Jota.

Perubahan juga dilakukan Klopp di sektor belakang. Bek kanan Conor Bradley memang bermain cemerlang saat melawan Chelsea.

Dirinya mencetak gol dan membuat assist di laga itu. Namun bila Trent Alexander-Arnold sudah pulih, Bradley akan kembali duduk di bench.

Arsenal sendiri sudah kembali ke jalur menang dengan menghajar Crystal Palace 5-0 dan kemudian menaklukkan tuan rumah Nottingham Forest 2-1 di kompetisi domestik.

Sebelumnya, The Gunners menelan dua kekalahan saat melawan dua tim London, West Ham United dan Fulham. Mereka juga disingkirkan Liverpool setelah kalah 2-0 di Piala FA.

Meski demikian manajer Mikel Arteta tetap optimistis di laga besar ini. "Saya senang dengan penampilan dan hasil saat melawan Forest. Kami juga ingin meraih momentum di liga saat ini," ujar Arteta.

Di laga ini, Arteta bisa menurunkan tim terbaik dengan Gabriel Jesus memimpin di lini depan. Jesus akan ditopang Gabriel Martinelli dan Bukayo Saka.

Di tengah, kapten Martin Odegaard bahu-membahu dengan Declan Rice dan Kai Havertz. Kiper David Raya kembali berdiri di bawah mistar.

Prakiraan Susunan Pemain

Arsenal (4-3-3): Raya; Ben White, Saliba, Gabriel, Zinchenko; Odegaard, Rice, Havertz; Saka, Jesus, Martinelli

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Konate, van Dijk, Gomez; Szoboszlai, Mac Allister, Jones; Jota, Nunez, Diaz