Polres Jakpus Sebar Ribuan Personel dalam Tiga Ring Pengamanan Debat Capres di JCC Senayan, Malam Ini
Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro. (VOI/Rizky Sulistio)

Bagikan:

JAKARTA - Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan pasukan gabungan beberapa titik area pengamanan Debat Capres ke-5 Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum RI di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Tanah Abang Jakarta Pusat, Minggu, 4 Februari, malam.

Sebanyak 2992 personel gabungan disebar di Ring 1 Area Debat, Ring 2 sekitar loby pintu masuk JCC dan Ring 3 sektor terluar pintu - pintu masuk ke kawasan area GBK.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, 2992 personel gabungan terdiri dari Mabes Polri, Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI dan Instansi terkait.

"Kami sudah menempatkan personel di Ring 1, Ring 2 dan Ring 3 sektor terluar pintu keluar masuk ke kawasan GBK hingga di kantong - kantong parkir. Pola pengamanan hari ini, kita evaluasi pola pengamanan debat sebelumnya, sehingga pengamanan hari ini akan lebih baik," kata Kombes Susatyo saat dikonfirmasi, Minggu, 4 Februari.

Pada Minggu siang ini, arus lalu lintas terpantau masih normal dan belum ada penutupan jalan. Rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional.

"Untuk penutupan atau pengalihan arus lalu lintas nanti melihat dinamika situasi dilapangan, bila nanti menjelang kedatangan Paslon terjadi kepadatan kendaraan, maka tentunya kami akan prioritaskan kendaraan paslon," ujarnya.

Kombes Susatyo menekankan kepada seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk bertindak persuasif, melayani, humanis dan netral.

"Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk mengikuti debat dirumah masing-masing. Kepada simpatisan dan para pendukung Paslon yang akan mengikuti prosesi debat di JCC untuk bersama - sama menjaga keamanan dan ketertiban," katanya.