Bagikan:

JAKARTA - Arsenal kembali ke jalur menang setelah mengalahkan Sevilla 2-0 di pertandingan Liga Champions di Stadion Emirates, Kamis, 9 November dini hari WIB. Hanya, pemain depan Bukayo Saka kembali cedera yang mengancam peluang dia untuk tampil di Premier League Inggris.

Sevilla tak pernah mampu mengalahkan Arsenal. Pada dua kali pertemuan di kompetisi Eropa, Sevilla selalu menelan kekalahan.

Pada duel pertama di kandang sendiri, Arsenal sukses menghabisi Sevilla 2-1. Kemenangan ini berlanjut pada laga kedua di kandang mereka. Dalam duel tersebut, Arsenal kembali mengalahkan juara Liga Europa ini.

"Kami tahu kami bakal meraih tiga poin. Dan kami berhasil melakukannya," kata gelandang Arsenal Declan Rice.

"Setelah hasil mengecewakan [di Carabao Cup] dan kemudian di liga, manajer [Mikel Arteta] menekankan jangan sampai kami mengalami kekalahan untuk ketiga kali," ujarnya lagi.

Pemain pun merespons tantangan Arteta dengan hasil maksimal. Kemenangan itu, Arsenal mengukuhkan posisinya di puncak klasemen dengan poin sembilan. Unggul empat poin dengan PSV Eindhoven dan Lens yang sama-sama memiliki poin lima.

Arsenal pun membuka peluang lolos ke 16 besar. Hanya persaingan tetap ketat karena belum ada satu pun tim yang lolos dari grup tersebut. Dengan menyisakan dua pertandingan lagi, PSV dan Lens masih memungkinkan menggeser Arsenal.

Sevilla yang menduduki dasar klasemen sesungguhnya masih bisa bersaing. Namun dengan memiliki dua poin, langkah Sevilla memang tak mudah untuk mendapatkan tiket ke 16 besar.

Di laga itu, Arsenal tampil maksimal sehingga mampu menguasai permainan. Kekalahan dari West Ham United dan Newcastle United di kompetisi domestik tak mempengaruhi kepercayaan diri pemain.

Permainan efisien The Gunners pun memberi hasil. Striker Leandro Trossard membuka kemenangan Arsenal setelah mencetak gol di menit 29. Dirinya sukses memaksimalkan assist menyilang dari Saka yang menerima umpan Jorginho.

Hanya setelah gol itu, Arsenal kesulitan membobol gawang lawan. Skor 1-0 untuk Arsenal bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Arsenal tetap tampil menyerang. Tercatat pemain sayap Kai Havertz mendapat dua peluang. Hanya saja, dia gagal memanfaatkan keduanya untuk menambah gol.

Sebaliknya, Saka yang berhasil memantapkan keunggulan klub London Utara ini di menit 64. Gol berawal saat dirinya berlari menyambut umpan dari Gabriel Martinelli dan kemudian melepaskan tendangan yang menaklukkan kiper Marko Dmitrovic.

Setelah berhasil membawa Arsenal unggul 2-0, Saka kemudian ditarik keluar di menit 85.

Cedera yang dialaminya memaksa pemain timnas Inggris ini meninggalkan lapangan dan digantikan Jakub Kiwior. Skor tak berubah dan Arsenal menutup laga dengan kemenangan dua gol.

Arteta sendiri berharap Saka tak cedera serius. Menurut dia Saka sempat meminta untuk digantikan karena merasa ada masalah di kakinya setelah mengalami benturan.

"Saya diberitahu kalau dia merasa tak nyaman untuk melanjutkan pertandingan. Saya yakin dia baik-baik saja dan bisa bermain di liga," kata Arteta.

Arsenal akan menjamu Burnley di pertandingan Premier League, Sabtu, 11 November 2023. Arteta optimistis saka bisa tampil di laga itu.