Bagikan:

JAKARTA - Radja Nainggolan resmi ditunjuk PSSI menjadi brand ambassador Piala Dunia U-17 2023  di Indonesia. Hadirnya sosok yang sempat menjadi bagian Inter Milan itu diharapkan bisa membakar semangat para pemain muda di lapangan. 

Keputusan PSSI melibatkan Radja Nainggolan sebagai bagian dari  Piala Dunia U-17 tak lepas dari kebebasan yang diberikan FIFA. Hal ini dibeberkan Ketua Umum (Ketum) PSSI saat konferensi pers. 

“Kebetulan di Piala Dunia U-17 ini FIFA tidak terlalu ketat dalam mencoba mengeksplorasi LOC atau tuan rumah untuk improve apa yang akan dikerjakan untuk memeriahkan gelaran ini,” kata Erick Thohir di Kawasan Jakarta Selatan, Rabu 8 November sore WIB. 

“Kami sempat terpikir untuk promosi dengan public figure di luar sepak bola atau mau pakai route kita yang masih mencakup sepak bola. Mau melibatkan figur lokal atau yang keturunan, tapi dari diskusi kita sepakat menggandeng tokoh yang berkaitan dengan sepak bola,” lanjut Erick Thohir menjelaskan alasan memilih Radja Nainggolan. 

Di pihak Radja Nainggolan  langsung menyetujui tawaran kerja sama yang diajukan PSSI. Ia tanpa ragu menerima tawaran tersebut karena selain karena mempunyai hubungan emosional dengan  Indonesia, ia berharap bisa membantu perkembangan sepak bola di Tanah Air. 

“Saya ingin berterima kasih kepada Ketua Umum PSSI, Bapak Erick Thohir yang sudah mengundang saya untuk menjadi bagian dari even  bersejarah Piala Dunia ini yang akan bergulir di indonesia sebentar lagi,” kata Radja Nainggolan.

Pemain kelahiran Antwerp, Belgia, 4 Mei 1988 itu  merupakan anak dari pasangan Marius Nainggolan dan Lizi Bogaerts. Marius Nainggolan adalah warga negara Indonesia bersuku Batak, sedangkan sang ibu, Lizi merupakan warga negara Belgia beretnis Flandria.

Selain Radja Nainggolan PSSI juga menggaet pesepak bola wanita, Sabrina Deisler yang akan bahu-membahu mempromosikan Piala Dunia U-17.

“Kita mencari sosok laki-laki dan perempuan, kita juga kontak dia (Sabrina Deisler) dan ternyata bisa ketemu. Mereka komitmen dan bisa mendorong apa yang kita jadikan tujuan utama,” lanjut Erick Thohir. 

Piala Dunia U-17 akan segera bergulir mulai 10 November. Ajang ini akan berlangsung di Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Stadion Manahan (Solo), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Timnas U-17 tergabung di Grup A bersama Panama, Ekuador, dan Maroko. Laga-laga grup ini akan berlangsung di GBT.