Bagikan:

JAKARTA - Barcelona menelan kekalahan pertama di Liga Champions. Dalam laga di Grup H di Volksparkstadion, Hamburg, Rabu, 8 November dini hari WIB, Barca harus mengakui keunggulan Shakhtar Donetsk 1-0. Langkah Barca ke 16 besar tertunda. Sedangan Shakhtar buka peluang ke babak itu.

Barca yang menurunkan tim terbaik di laga tersebut justru mengalami kekalahan pertama di kandang lawan. Kekalahan yang merusak rekor kemenangan Barca selama penyisihan grup.

Lebih dari itu, langkah Blaugrana lolos ke babak knockout pun tertunda. Kekalahan itu memang tak mengubah posisi Barca. Dengan memiiki poin sembilan, raksasa La Liga Spanyol ini masih bertengger di puncak klasemen Grup H.

Hasil itu pun tak mengubah peluang Barca. Ilkay Gundogan dkk tetap butuh satu kemenangan lagi dari dua pertandingan sisa untuk memastikan lolo ke 16 besar.

Sementara, Shakhtar juga tak berubah posisinya. Tim asal Ukraina ini tetap berada di peringkat tiga dengan poin enam. Namun mereka membuka peluang untuk bersaing mendapatkan tiket ke babak selanjutnya.

Dalam laga itu, pelatih Barca Xavi Hernandez memang tidak menurunkan skuat inti meski sudah ada striker Robert Leandowski yang menjadi starter usai pulih dari cedera. Deretan pemain muda seperti Lamine Yamal dan Fermin duduk di bench.

Sedangkan Pedri dan Alejandro Balde tidak langsung diturunkan karena baru pulih dari cedera. Keduanya dimasukkan Xavi di babak kedua.

Meski ada perubahan pada komposisi pemain, Barca tetap menunjukkan dominasi atas Shakhtar. Hanya mereka kesulitan menghadapi organisasi pertahanan yang rapi dari Shakhtar. Alhasil, Barca hanya melepaskan satu tendangan ke gawang di sepanjang babak pertama.

Sebaliknya Shakhtar yang kalah bola sepenuhnya mengandalkan serangan balik. Namun mereka bisa memaksimalkan strategi itu dan terlihat agresif saat counter-attack.

Hasilnya pun tak sia-sia saat Danylo Sikan membobol gawang Marc-Andre ter Stegen di menit 40.

Berawal dari umpan silang Giorgi Gocholeishvili di sisi kanan pertahanan Barca, Sikan berhasil mengungguli bek Andreas Christensen dengan melompat untul menyundul bola.

Bola sundulan Sikan meluncur deras tanpan bisa dijangkau Ter Stegen. Skor 1-0 untuk Shakhtar dan bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Shakhtar malah menunjukkan dominasinya di menit-menit awal. Mereka mampu menekan Los Cules dan beberapa kali mendapat peluang untuk memperbesar keunggulan.

Tercatat Gocholeishvili yang berhasil memenangkan bola lawan bek Marcos Alonso. Hanya saja sepakannya masih bisa digagalkan Ter Stegen.

Selanjutnya, kiper tim nasional Jerman ini melakukan penyelamatan gemilang saat menggagalkan tendangan jarak dekat Sikat di menit 52.

Bahkan Shakhtar sesungguhnya sempat menambah gol lewat gelandang Newerton. Namun gol itu dianulir karena dia dalam posisi offside.

Barca yang gagal menunjukkan permainan ofensif secara maksimal melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Joao Felix dan Yamal di menit 60. Meski serangan dari juara Barca menjadi lebih hidup.

Hanya saja, mereka tetap gagal membobol gawang Dmytro Riznyk. Skor 1-0 untuk Shakhtar tak berubah sampai akhir pertandingan.