Menang, Shakhtar Donetsk Ancam Porto dan Barcelona
Shakhtar Donetsk merayakan gol melawan Royal Antwerp di Liga Champions. (Twitter @ChampionsLeague)

Bagikan:

JAKARTA - Shakhtar Donetsk membuat kejutan dan menghidupkan peluang ke 16 besar setelah mengalahkan Royal Antwerp 1-0 di pertandingan Grup H Liga Champions di Stadion Volksparks, Hamburg, Rabu, 29 November dini hari WIB. Kemenangan itu menjadikan Shakhtar mengancam Porto dan Barcelona.

Harapan Shakhtar lolos ke babak knockout kembali terbuka. Kemenangan atas Royal Antwerp memang tak mengubah posisi Shakhtar di klasemen Grup H.

Namun Shakhtar menjaga persaingan dengan dua tim unggulan, Barca dan Porto. Ya, kemenangan atas lawannya menjadikan Shakhtar memiliki poin sembilan.

Meski masih berada di peringkat tiga, klub Ukraina ini menyamai perolehan poin Barca dan Porto. Mereka hanya kalah selisih gol. 

Di laga itu, Shakhtar terpaksa menggelar pertandingan di luar Ukraina. Peperangan melawan negara tetangga, Rusia, menjadikan, Shakhtar harus memindahkan pertandingan kandang.

Kali ini, Shakhtar menjamu Royal Antwerp di Volksparks, kandang SV Hamburg yang kini bermain di kasta kedua Bundesliga Jerman.

Duel itu berlangsung sengit dan Shakhtar harus bekerja keras menghadapi lawannya. Meski demikian, Shakhtar berhasil unggul saat laga memasuki menit 12.

Gol tuan rumah dihasilkan bek Mykola Matviyenko yang menyambut assist dari Oleksandr Zubkov.

Shakhtar pun unggul 1-0. Namun tidak ada lagi gol yang dihasilkan Shakhtar. Sementara, Royal Antwerp juga kesulitan membobol gawang tuan rumah. Sampai akhir laga, gol Matviyenko menjadi satu-satunya yang tercipta.

Pelatih Shakhtar Marino Pusic menunjukkan kepuasannya atas kemenangan tim. Menurut dia, tim bermain dengan baik dan semua pemain bekerja keras memenangkan pertandingan.

"Saya senang tidak hanya karena hasil tetapi juga bagaimana cara kami bermain. Semua pemain bekerja keras memenangkan pertandingan," kata Pusic.

"Selain itu, klub mendukung kami saat mengalami kesulitan. Saya senang bisa memberi kebahagiaan melalui kemenangan kepada setiap orang," ucapnya lagi.