Bagikan:

JAKARTA – Barcelona akan memainkan pertandingan tandang pada pekan keempat fase Grup H Liga Champions Eropa 2023/2024 ke markas Shakhtar Donetsk.

Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Volkspark, Hamburg, Jerman, Rabu, 8 November 2023 pukul 00.45 WIB. Duel ini tidak digelar di markas Shakhtar lantaran situasi di Ukraina.

Pertandingan ini adalah kesempatan buat Barcelona untuk memastikan tempat mereka di babak gugur dengan dua pertandingan tersisa jika mereka dapat menghindari kekalahan atas tim tuan rumah.

Raksasa asal Catalan tampil luar biasa di babak grup sejauh ini. Mereka memuncaki klasemen sementara dengan sembilan poin setelah memenangi semua dari tiga pertandingan yang telah dimainkan.

Sementara itu, Shakhtar berada di urutan ketiga, mengumpulkan tiga poin dari jumlah pertandingan yang sama. Mereka terpaut tiga poin di belakang Porto yang berada di posisi kedua.

Shakhtar mengawali kampanye fase grup mereka dengan kekalahan kandang 1-3 melawan Porto. Mereka lalu bangkit dengan impresif untuk mengalahkan Royal Antwerp 3-2 dalam pertandingan kedua.

Tim asuhan Marino Pusic tersebut lalu menderita kekalahan 1-2 saat melakukan perjalanan ke kandang Barcelona di pertandingan ketiga mereka pada 26 Oktober lalu.

Shakhtar belum tersingkir dari kompetisi ini jika kalah melawan Barcelona nanti. Namun, kekalahan akan membuat mereka berada dalam posisi yang sangat sulit untuk menembus babak gugur.

Sebelum menjamu Barcelona, Shakhtar hanya menang tiga kali, lima kali bermain seri, dan tujuh kali kalah dalam pertandingan kandang. Catatan itu jelas tidak istimewa saat mereka siap menghadapi tim kuat seperti Blaugrana.

Shakhtar sudah gagal lolos dari fase grup dalam lima pertandingan terakhir mereka di Liga Champion Eropa. Namun, mereka memiliki kesempatan untuk finis di atas Antwerpen dan bermain ke Liga Europa.

Di sisi lain, Barcelona memiliki kans besar lolos ke babak gugur setelah finis di urutan ketiga dalam dua musim sebelumnya. Mereka cuma butuh hasil imbang saja melawan Shakhtar untuk mengunci fase berikutnya.

Juara La Liga ini mengawali fase grup dengan mengalahkan Antwerpen 5-0 di laga pembuka sebelum mencatat kemenangan beruntun atas Porto dan Shakhtar di dua laga terakhir.

Barcelona menelan kekalahan 1-2 dari Real Madrid di El Clasico pada akhir bulan lalu. Namun, berhasil mencatat kemenangan 1-0 atas Real Sociedad di La Liga pada laga terbaru mereka.

Sebelum bersua tim asal Ukraina tersebut, Barcelona tercatat memenangkan tujuh pertandingan, satu kali seri, dan tiga kali kalah dalam 11 pertandingan tandang sebelumnya.

Akan tetapi, mereka hanya menang dalam 14 kesempatan dari 32 pertandingan tandang terakhir di kompetisi ini. Dalam periode tersebut mereka menderita sembilan kekalahan.

Perkiraan Formasi

Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Riznyk; Konoplya, Bondar, Matvienko, Rakitskyi; Stepanenko, Bondarenko; Kryskiv, Sudakov, Zubkov; Sikan

Barcelona (3-4-3): Ter Stegen; Araujo, Kounde, Christensen; Cancelo, Gavi, Gundogan, Balde; Raphinha, Lewandowski, Felix