Bagikan:

JAKARTA - Matchday ketiga fase Grup H Liga Champions 2023/2024 akan menyajikan pertandingan antara Barcelona melawan Shakhtar Donetsk. Berstatus tuan rumah, Barcelona jelas mengincar kemenangan di hadapan pendukung sendiri. 

Sudah dua musim Barcelona tersingkir di babak penyisihan grup Liga Champions. Demi menghindari situasi itu terulang lagi, Blaugrana bertekad untuk mengamankan tiket ke babak knockout di musim ini. 

Harapan Barcelona untuk terus membuat hasil positif dengan rentetan kemenangan itu berpeluang besar terkabul. Pasalnya saat ini tim asuhan Xavi Hernandez berada di atas puncak klasemen Grup H. 

Torehan itu diraih Barcelona setelah mereka mencatatkan dua kemenangan di partai sebelumnya. Pertama unggul telak 5-0 saat menjamu Antwerp dan menang lagi 1-0 di markas Porto. 

Untuk bisa mempertahankan tren baik berada di puncak klasemen, Lewandowski dkk pantas mengincar poin penuh saat menjamu Shakhtar. Namun begitu, wakil Ukraina ini juga bukan lawan yang mudah dan bisa dianggap sepele. 

Meski pada musim ini Shakhtar harus mengungsi dan pindah markas ke Volkspark Stadion karena perang yang berkecamuk di negara, tapi performa tim ini di liga domestik juga cukup baik. 

Dalam dua laga terakhir yang dijalani Shakhtar mampu menuntaskan semuanya dengan kemenangan. Tim asal Ukraina itu juga mampu mengumpulkan angka penuh saat bersua Antwerp di Liga Champions awal Oktober lalu.

Tiga angka yang sudah dikumpulkan pasukan Darijo Srna itu menempatkan Shakhtar di peringkat tiga klasemen sementara Grup H. Meski demikian, Barcelona tentu lebih diunggulkan pada laga mendatang. Pasalnya Shakhtar punya catatan negatif dalam beberapa tahun terakhir pada babak penyisihan grup Liga Champions.

Dari total 15 pertandingan yang sudah mereka lakoni, Shakhtar hanya memperoleh dua kemenangan, enam hasil imbang, dan tujuh kekalahan. Statistik tersebut jelas bukan catatan yang menjanjikan jelang laga kontra Barcelona.

Prediksi Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Cancelo, Araujo, Martinez, Balde; Gavi, Romeu, Gundogan; Yamal, Felix, Torres

Pelatih: Xavi Hernandez

Shakhtar Donetsk (4-5-1): Riznyk; Konoplya, Bondar, Rakitskyi, Azarovi; Zubkov, Nazaryna, Stepanenko, Sudakov, Kryskiv; Sikan

Pelatih: Darijo Srna