Barcelona Dibereskan Xavi Hernandez Sebelum Laga Lawan Shakhtar Donetsk di Liga Champions
Pemain Barceona merayakan gol Ronald Araujo di laga melawan Real Sociedad. (Twitter @FCBarcelona)

Bagikan:

JAKARTA - Barcelona hanya menang tipis 1-0 atas Real Sociedad pada injury time di kompetisi La Liga Spanyol. Pelatih Xavi Hernandez mengaku keceewa meski timnya menang. Dia harus membereskan kekurangan tim sebelum bertemu Shakhtar Donetsk di Liga Champions, Rabu, 11 November dini hari WIB.

Laga krusial di Liga Champions sudah di depan mata. Shakhtar jelas bukan lawan enteng. Pada duel pertama di kandang sendiri, Barca harus bekerja keras sebelum menang 2-1.

Kini, Barca yang melakoni laga tandang. Kemenangan atas Shakhtar bakal meloloskan Barca ke babak knockout.

Barca yang memimpin klasemen Grup H dengan memiliki sembilan poin masih butuh satu kemenangan lagi untuk mendapatkan tiket e 16 besar.

Hanya, Xavi merasa kecewa dengan performa tim yang gagal memenuhi ekspetasi. Mereka baru menang di menit terakhir lewat gol Ronald Araujo.

"Sulit diterima intensitas permainan tim ternyata tak sesuai harapan sejak menit pertama. Begitu penampilan di babak kedua lebih banyak aspek negatif," kata Xavi.

"Baru pada lima menit terakhir kami menunjukkan permainan terbaik. Tetapi kemenangan ini sangat berarti. Kami bisa meraih tiga poin," ujarnya.

Menurut Xavi tim malah bermain lebih baik saat kalah 2-1 lawan Real Madrid di el clasico. Kontras dengan penampilan mereka saat menang atas Real Sociedad yang dinilai malah bermain buruk.

"Pekan lalu kami pantas menang, tetap malah kalah. Di pertandingan ini kami tak layak menang tetapi malah menang," kata Xavi.

Xavi merasa perlu membereskan tim agar mereka lebih siap menghadapi Shakhtar. Pasalnya saat melawan Sociedad, tim mengalami kesulitan dan hanya sedikit memiliki peluang untuk mencetak gol.

"Kami benar-benar tak nyaman. Kami tak bisa menciptakan banyak peluang. Kami benar-benar mengalami kesulitan," ujarnya.

Baca bakal kembali diprkuat striker Robert Lewandowski yang sudah pulih dari cedera engkel.

Pada laga melawan Sociedad, dirinya sudah diturunkan sebagai starter. Namun dia bermain kurang dari 60 menit sebelum digantikan Pedri.

Di laga sebelumnya di el clasico, Lewandowski duduk di bench dan baru diturunkan di babak kedua. Eks penyerang Bayern Munchen kemungkinan bakal tampil penuh saat menghadapi Shakhtar.

Dari dua laga itu, Lewandoski belum menunjukkan ketajamannya. Barca pun hanya bisa mencetak satu gol pada dua laga tersebut.