Bagikan:

JAKARTA - Barcelona akhirnya bisa melewati penyisihan grup dan lolos ke 16 besar Liga Champions. Kepastian itu diperoleh setelah Barca mengalahkan Porto 2-1 di laga Grup H di Stadion Olimpic Lluis Companys, Barcelona, Rabu, 29 November dini hari WIB.

Barca harus bersabar untuk kembali mendapatkan tiket ke 16 besar. Ya, raksasa La Liga Spanyol ini sempat absen selama tiga musim berturut-turut di ajang Liga Champions.

Kemenangan atas Porto menjadikan Barca lolos ke babak knockout di kompetisi tertinggi Eropa ini.

Hasil tersebut menjadikan Los Cules menduduki puncak klasemen Grup H dengan poin 12. Unggul tiga poin atas Porto dan Shakhtar Donetsk.

Kedua tim akan berebut tiket ke 16 besar untuk mendampingi Barca dalam duel di kandang Porto, 14 Desember 2023. Porto sendiri hanya butuh imbang untuk lolos. Sedangkan Shakhtar Donetsk harus menang di laga tersebut.

Sementara, Barca menghadapi tuan rumah Royal Antwerp di laga pamungkas. Bila ingin menjadi juara grup, Blaugrana hanya butuh hasil imbang dari lawannya.

Di laga melawan Porto, tim asuhan Xavi Hernandez yang tampil di kandang sendiri justru mengalami kesulitan. Bahkan Porto justru bermain lebih baik ketimbang tuan rumah. Mereka mampu melakukan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Barca.

Hanya penampilan gemilang kiper Inaki Pena yang menggantikan Marc-Andre ter Stegen yang melakukan sejumlah penyelamatan gemilang sempat membuat pemain Porto frustrasi.

Porto akhirnya menaklukkan Pena. Diawali dengan kegagalan Galeno mengonversi peluang menjadi gol di menit 28. Hanya berselang dua menit, Pepe yang kemudian sukses membobol gawang Barca.

Sayangnya keunggulan Porto tak bertahan lama. Bek Joao Cancelo berhasil menyamakan kedudukan di menit 32.

Dirinya sempat menunjukkan aksi individu melewat bek Joao Mario sebelum melepaskan tendangan ke sudut atas gawang Porto.

Setelah keberhasilan Cancelo menaklukkan kiper Diogo Costa, tidak ada lagi gol yang tercipta di 45 menit pertama. Skor 1-1 untuk kedua tim menutup babak pertama.

Di babak kedua, Barca yang bangkit dan menekan pertahanan lawan. Duo Portugal, Cancelo dan Joao Felix membuat pertahanan Porto kalang-kabut.

Tercatat tendangan keras Felix masih membentur tiang atas gawang di menit 47. Selanjutnya, giliran Cancelo yang mengancam pertahanan Porto.

Usaha mereka akhirnya memang memberi hasil. Felix sukses membobol gawang klub Portugal itu di menit 57.

Gol tercipta setelah pemain pinjaman dari Atletico Madrid ini menyelesaikan umpan Cancelo. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan sampai akhir laga.