AC Milan Tumbang, Borussia Dortmund Lolos ke 16 Besar Liga Champions
Pemain Borussia Dortmund merayakan gol Karim Adeyemi (tengah) di laga melawan AC Milan. (Twitter @BVB)

Bagikan:

JAKARTA - AC Milan tumbang di kandang sendiri dan mengakui keunggulan Borussia Dortmund. Dalam duel di Grup F Liga Champions di Stadion San Siro, Rabu, 29 November dini hari WIB, Dortmund menaklukkan Milan 3-1. Kemenangan itu membawa Dortmund ke 16 besar. 

Kegagalan penalti Olivier Giroud menjadi awal kekalahan Milan. Meski sempat bangkit untuk menyamakan skor, namun Rossoneri akhirnya harus mengakui keunggulan Dortmund.

Kekalahan yang mengecewakan bagi Milan. Apalagi, mereka sesungguhnya memiliki modal bagus setelah mengalahkan Fiorentina 1-0 di kompetisi Serie A Italia.

Hanya saja, kemenangan tersebut tak cukup jadi modal Milan untuk meladeni Dortmund yang on fire. Milan pun tumbang di kandang sendiri.

Hasil itu menjadikan Dortmund lolos ke 16 besar setelah mendapatkan poin 10 dan menduduki peringkat pertama klasemen Grup F.

Dengan menyisakan satu pertandingan lagi, Newcastle United yang berada di peringkat tiga setelah bermain imbang 1-1 melawan Paris Saint-Germain tidak bisa mengejar poin Dortmund.

Sementara, Milan yang baru mengumpulkan poin lima menduduki dasar klasemen. Peluang untuk lolos ke babak knockout masih terbuka. Hanya nasib Milan tergantung pada hasil pertandingan terakhir PSG dan Newcastle United.

Dalam duel itu, Milan sesungguhnya melakukan start ciamik. Mereka menguasai permainan dan berpeluang unggul saat mendapat hadiah penalti di menit keenam.

Penalti diberikan setelah bek Dortmund Nico Schlotterbeck menyentuh bola di kotak terlarang. Protes keras Schlotterbeck yang mempertanyakan keputusan penalti tak digubris wasit.

Giroud yang mengambil eksekusi penalti. Sayangnya sepakan striker veteran timnas Prancis ini bisa diblok kiper Gregor Kobel.

Kegagalan itu sedikit mempengaruhi kepercayaan diri pemain Milan. Terbukti hanya berselang empat menit, giliran Dortmund yang mendapat hadiah penalti. Kali ini bek Davide Calabria yang menjatuhkan Jamie Bynoe-Gittens di area penalti.

Wasit Istvan Kovacs (Rumania) langsung menunjuk titik putih. Gelandang Marco Reus sukses menuntaskan penalti meski kiper Mike Maignan nyaris menggagalkan sepakan dia. Skor 1-0 untuk Dortmund.

Namun keunggulan tim tamu tak bertahan lama. Pemain sayap Milan Samuel Chukwueze berhasil menyamakan skor di menit 37.

Dirinya menuntaskan assist Calabria untik menaklukkan Gobel. Skor 1-1 bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, Dortmund yang menguasai permainan. Serangan mereka pun mulai mengancam pertahanan tuan rumah.

Hasilnya, di menit 59, Bynoe-Gittens berhasil membawa Dortmund kembali unggul. Dirinya memanfaatkan umpan dari gelandang Marcel Sabitzer.

Selanjutnya, Karim Adeyemi mengukuhkan kemenangan Dortmund. Dia mencetak gol setelah menyambut assist Reus di menit 69. Skor 3-1 untuk Dortmund menutup laga di San Siro.