Bagikan:

JAKARTA - Barcelona kian percaya diri menatap el clasico. Striker Robert Lewandowski telah pulih dan bisa diturunkan saat Barca meladeni rival bebuyutan Real Madrid dalam duel La Liga Spanyol di Stadion Olimpic Lluis Companys, Sabtu, 28 Oktober malam WIB. 

Lewandowski berpacu dengan waktu. Setelah kembali absen saat Barca menang 2-1 Shakhtar Donetsk di Liga Champions pada laga midweek, Lewandowski berpeluang tampil saat menghadapi Madrid.

Pelatih Xavi Hernandez menyebut pemainnya sudah 'feeling good'. Sinyal kembalinya penyerang tim nasional Polandia ini kian kuat setelah dirinya kembali berlatih bersama tim.

Selain Lewandowski, mereka yang cedera seperti Frenkie de Jong, Jules Kounde, Raphinha dan Pedri sudah ikut latihan.

Namun tidak semua memiliki peluang tampil di el clasico. Konde, Pedri dan Sergio Roberto tetap belum bisa diturunkan. Berbeda dengan Lewandowski, De Jong dan Raphinha yang diperkirakan sudah fit untuk menghadapi Madrid.

"Saya masih belum bisa memastikan bagaimana starting line up. Tetapi yang jelas kondisi dia sudah membaik," kata Xavi.

"Hanya ini memang tidak mudah. Pada akhirnya hanya pemain yang 100% fit yang akan diturunkan," ucapnya.

Lewandoski sudah tidak bermain usai laga melawa Porto di Liga Champions, 5 Oktober lalu. Dirinya mengalami cedera engkel dan harus menepi selama beberapa pekan. 

Badai cedera pemain yang menghantam Barca membuat Xavi harus memanggil pemain dari akademi. Tidak kurang delapan pemain dari tim yunior yang rata-rata masih berusia di bawah 20 dipanggil masuk tim senior.

Xavi memanggil pemain depan Marc Guiu saat menghadapi Athletic Bilbao di komptisi. Guiu yang akan tampil di Solo, Indonesia dengan memperkuat Spanyol U-17 di Piala Dunia FIFA U-17 2023 langsung mencetak gol di laga itu.

Guiu juga tampil saat melawan Shakhtar Donetsk bersama rekannya dari tim yunior Fermin Lopez yang kemudian mencetak gol di laga itu. Xavi menuturkan tidak menutup kemungkinan mereka kembali diturunkan di laga el clasico.

"Pemain muda memberi kekuatan ekstra. Mereka bekerja keras dan tahu pentingnya pertandingan ini. Betapa berartinya pertandingan ini bagi pendukung kami," kata Xavi lagi.

"Laga ini memang penuh emosi. Tetapi kami harus bisa mengontrol diri. Anda harus smart meski tak mudah karen jantung bakal berdetak lebih kencang dan darah mengalir deras," ujarnya.

Laga el clasico edisi pertama musim ini juga memperebutkan posisi kedua tim. Saat ini, Barca yang menduduki peringkat tiga memiliki poin 24. Terpaut satu poin dengan Madrid yang berada di posisi kedua.

Girona sendiri kembali membuat kejutan dengan menduduki puncak klasemen setelah menang 1-0 atas Celta Vigo, Sabtu dini hari WIB. Girona menggeser Madrid setelah memiliki 28 poin.