Preview Leg 1 Semifinal Copa del Rey Real Madrid vs Barcelona: Sama-sama Ingin Jaga Peluang
Real Madrid akan bersua dengan Barcelona di semifinal Copa Del Rey. (Foto: Twitter/@realmadrid)

Bagikan:

JAKARTA – Babak semifinal Copa del Rey musim ini akan mempertemukan dua rival abadi, Real Madrid melawan Barcelona. Di leg pertama, kedua tim akan saling adu kemampuan di Stadion Santiago Bernabéu, Jumat, 3 Maret pukul 03.00 dini hari WIB.

Los Blancos mengalahkan rival sekota mereka Atletico Madrid 3-1 di babak delapan besar untuk melaju sejauh ini. Sementara itu tim asuhan Xavi Hernandez hanya membutuhkan satu gol untuk menyingkirkan Real Sociedad.

Saat bersua Atletico, Madrid tertinggal gol mantan pemain mereka Alvaro Morata sebelum Rodrygo memaksakan babak perpanjangan waktu. Di babak tambahan itu, Karim Benzema dan Vinicius Junior masing-masing mencetak satu gol untuk memperpanjang perjalanan Los Blancos.

Bertahan di Copa del Rey membuat Madrid pun memiliki peluang meraih quadruple (empat gelar dalam semusim). Lemari trofi tim asal ibukota Spanyol itu tentu sudah tidak sabar menyambut gelar Copa del Rey yang belum pernah mereka menangi dalam tujuh tahun terakhir.

Terakhir mereka juara itu pada musim 2013/2014 lalu saat mengalahkan Barcelona di final.

Melawan tim Catalunya dini hari nanti juga menjadi babak semifinal Copa del Rey pertama bagi Madrid sejak musim 2018/2019. Di musim tersebut Los Blancos gagal mencapai final setelah kalah agregat 1-4 dengan tim yang akan mereka lawan pagi nanti.

Pada tahun tersebut, Real Madrid bermain imbang 1-1 pada leg pertama sebelum tersingkir dengan kekalahan 0-3 di Bernabeu. Namun, adanya masalah performa dan kebugaran yang tidak menguntungkan, El Clasico terbaru ini kemungkinan tidak begitu mulus buat La Blaugrana.

Bagi Barcelona, Copa del Rey dan La Liga Spanyol adalah dua trofi tersisa yang bisa memenuhi harapan mereka pada musim ini. Ini setelah perjalanan mereka di Liga Eropa kandas akibat menderita kekalahan dari Manchester United pada leg kedua yang berlangsung di Old Trafford.

Setelah peluang di Eropa ditutup oleh Setan Merah, pasukan Catalunya kini tentu ingin berjaya di panggung domestik. Oleh karena itu, tidak mengherankan Xavi marah besar besar pasca kekalahan mengejutkan dari Almeria akhir pekan kemarin di La Liga.

Hasil itu membuat jarak poin mereka dengan Madrid sebagai pesaing terdekat di liga mengecil menjadi tujuh poin saja dari 23 pertandingan yang sudah dimainkan. Artinya, kans tim ibukota tersebut untuk mempertahankan gelar mereka pun kini tetap terbuka.

Meski gagal memperlebar jarak poin menjadi sepuluh, memimpin puncak klasemen sementara masih tetap menjadi keuntungan yang bagus buat Barcelona. Namun, menderita kekalahan beruntun untuk pertama kalinya sejak April tahun lalu bukanlah hal yang diinginkan Barcelona jelang El Clasico.

Selain itu, Barcelona juga dipastikan hadir di Bernabeu tanpa penyerang andalan mereka Robert Lewandowski. Pemain internasional Polandia itu harus menepi dari skuat karena sedang menderita cedera yang didapat saat berhadapan dengan Almeria.

Leg pertama dini hari nanti akan menandai Clasico kompetitif ke-252 antara Real Madrid dan Barcelona. Blaugrana menang 3-1 di final Supercopa de Espana bulan Januari lalu, tetapi Los Blancos juga berhasil menang dengan skor yang sama di Bernabeu pada bulan Oktober.

Leg pertama 16 besar Copa del Rey

Real Madrid Vs Barcelona

Santiago Bernabeu

03.00 WIB

Prediksi susunan pemain:

Real Madrid (4-3-3): Courtois; Carvajal, Militao, Rudiger, Nacho; Kroos, Tchouameni, Modric; Valverde, Benzema, Vinicius Jr

Barcelona (4-3-3): Ter Stegen; Kounde, Araujo, Christensen, Balde; De Jong, Busquets, Roberto; Raphinha, Torres, Gavi.