Mengenal Sejarah Puskas Award, Salah Satu Penghargaan Bergengsi di Dunia Sepak Bola
Ilustrasi Puskas Award. (Foto: Situs resmi FIFA)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Di dunia sepak bola, ada penghargaan yang dinamakan dengan Puskas Award. Penghargaan ini cukup bergengsi di dunia sepak bola. Lalu bagaimana sejarah Puskas Award?

Sejarah Puskas Award

Secara umum Puskas Award yang menjadi salah satu penghargaan dalam ajang The Best FIFA Football Awards adalah penghargaan yang diberikan khusus kepada atlet sepak bola dengan gol terindah di satu musim baik pada atlet pria maupun wanita.

Dalam situs resmi FIFA dijelaskan bahwa penghargaan Puskas Award diinisiasi oleh FIFA dan dicetuskan pada 20 Oktober 2009 atas arahan Presiden FIFA Sepp Blatter. Pencetusannya dilakukan di tengah seremoni Akademi Sepak Bola Ferenc Puskas yang digelar di desa Felcsut, Budapest, Hungaria.

Penghargaan ini sengaja dibuat sebagai salah satu bentuk penghargaan untuk mendiang Ferenc Puskas. Ia adalah mantan bintang timnas Hongaria dan penyerang Real Madrid yang meninggal pada 2006 silam.

Nama Ferenc Puskas sendiri tercatat dalam International Federation of Football History and Statistics (IFFHS) sebagai pesepak bola paling produktif dalam sejarah karena ia berhasil mengemas 806 gol dari 793 laga resmi. Sedangkan saat membela Hungaria, ia tercatat mencetak 84 gol dengan total 85 pertandingan.

Namun pada 17 November 2006, Ferenc Puskas meninggal karena pneumonia. Ia kemudian dimakamkan di Budapest. Selang beberapa tahun setelah meninggal, FIFA kemudian meminta izin kepada keluarga Puskas untuk menggunakan namanya sebagai nama penghargaan dalam dunia sepak bola.

Penghargaan Ferenc Puskas memang dicetuskan presiden FIFA, namun ide ini berasal dari Dr. Istvan Csorba. Setelah ia mendapatkan persetujuan dari pihak keluarga, Dr. Istvan Csorba kemudian mengusulkan ini kepada FIFA. Sayangnya Dr. Istvan Csorba tak bisa melihat bagaimana praktik penghargaan ini karena ia meninggal pada 9 Oktober 2009.

Peraih Puskas Award pertama kala itu diraih oleh Cristiano Ronaldo. Penghargaan tersebut didapat setelah ia berhasil mencetak gol ke gawang lawan dari jarak 35 meter. Kala itu Ronaldo membela Man United kontra FC Porto di Liga Champions 2008-2009.

Berikut ini daftar pesepak bola yang berhasil meraih penghargaan Ferenc Puskas.

  1. Cristiano Ronaldo (2009)
  2. Hamit Altintop(2010)
  3. Neymar (2011)
  4. Miroslav Stoch (2012)
  5. Zlatan Ibrahimovic (2013)
  6. James Rodriguez (2014)
  7. Wendell Lira (2015)
  8. Mohd Faiz Subri (2016)
  9. Olivier Giroud (2017)
  10. Mohamed Salah (2018)
  11. Daniel Zsori (2019)
  12. Son Heung-min (2020)
  13. Erik Lamela (2021)
  14. Marcin Oleksy (2022)

Bentuk piala yang diberikan untuk Puskas Award sangat unik, yakni berbentuk gawang dan sebuah bola. Tidak hanya bentuk piala, pengumuman Puskas Award juga sangat dinanti. Panitia akan melakukan kurasi dari berbagai gol fenomenal dari seluruh dunia yang dikumpulkan jadi satu. Setelah itu panitia akan mengumumkan siapa pesepak bola yang berhak mendapat Puskas Award di malam penghargaan Ballon d’Or tiap tahunnya. Keputusan ini bersifat mutlak dan pemenang selalu berganti. Bahkan banyak nama yang tidak terlalu populer di dunia sepak bola namun memiliki gol yang spektakuler.

Itulah informasi terkait sejarah Puskas Award. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.