Kabar Skuad Timnas U-20 Jelang Laga Perdana di Piala Asia 2023
Timnas Indonesia U-20. (foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengabarkan kondisi skuad jelang laga perdana Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan. Sang pelatih menyebut kemungkinan besar Zanadin Fariz absen lantaran cedera yang dialami.

"Ya, Zanadin cedera sebelum datang ke sini (Uzbekistan). Meski begitu pemulihannya berjalan baik," kata Shin Tae-yong saat konferensi pers pada Selasa, 28 Februari.

Tanda-tanda Zanadin dalam kondisi yang tak baik sudah terlihat ketika turnamen mini melawan Guatemala. Di laga itu, ia mengalami cedera dan digantikan Resa Aditya yang sebelumnya berposisi second striker.

Kendati cedera, tapi Shin Tae-yong tetap memboyong Zanadin untuk ikut ke Uzbekistan. Namun sayang, kondisinya masih belum terlalu baik hingga dipastikan absen di laga perdana melawan Irak pada Rabu, 1 Maret.

Bahkan, ada kemungkinan dia tak akan bisa bermain di ajang Piala Asia U-20 2023.

"Pergantian yang kami lakukan kemarin (saat turnamen mini) dilakukan karena kondisi fisiknya (Zanadin) yang tidak baik dan cederanya kambuh. Nampaknya dia tidak bisa berpartisipasi di turnamen (Piala Asia U-20) ini," lanjut Shin Tae-yong.

Cederanya Zanadin menjadi kerugian bagi skuad Garuda Nusantara. Sebab stok gelandang serang yang dimiliki Shin Tae-yong semakin menipis. Sebelum Zanadin dipastikan menepi, Marselino Ferdinan juga dipastikan absen.

Eka pemain Persebaya Surabaya itu dipastikan tak ikut membela timnas karena masih harus tampil di klubnya KMSK Deinze di Liga Belgia. Keadaan ini membuat Shin Tae-yong terpaksa memutar otak untuk memaksimalkan materi pemain yang dimilikinya saat ini untuk tampil di Piala Asia U-20.

Marselino Ferdinan Jadi Kapten Tim

Sementara itu, Shin sudah menentukan pemain yang akan menjadi kapten tim saat melawan Irak. Dia adalah bek tengah asal Persija Jakarta, Muhammad Ferrari.

Ferrari memang sudah beberapa kali memegang jabatan sebagai kapten timnas U-20. Ia bahkan sudah menggenggam tanggung jawab itu sejak menjalani pemusatan latihan di Eropa pada Oktober tahun lalu.

"Kapten untuk pertandingan besok adalah (Muhammad) Ferrari," kata Shin, seperti dilansir Antara.