Shin Tae-yong Berikan Peringatan Keras ke Pemain Jelang Piala AFF U-23 Thailand: Ini Bukan Liburan!
Timnas Indonesia U-23. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong memberikan peringatan keras kepada para pemain jelang Piala AFF U-23 2023 di Thailand. Ia mengatakan, keberangkatan tim ke Negeri Gajah Putih bukan untuk berlibur.

Skuad timnas U-23 sejatinya telah bertolak ke Thailand pada Senin, 14 Agustus. Mereka berangkat tanpa kekuatan penuh.

Sejumlah pemain andalan seperti Rizky Ridho, Witan Sulaeman, Adi Satryo hingga Fajar Fathur Rahman tidak diboyong. Beberapa nama pemain abroad seperti Rafael Struick hingga Ivar Jenner juga tak ada dalam daftar.

Meski banyak nama andalan absen, tapi STY yakin timnya tetap bisa berjuang dengan maksimal. "Meskipun pemain tidak komplet, mereka berangkat ke Thailand tidak untuk berlibur," kata Shin Tae- Yong dikutip dari laman PSSI pada Selasa,15 Agustus

"Mereka saya pastikan akan bekerja keras untuk menjadi yang terbaik," lanjutnya.

Di Piala AFF U-23 2023, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Skuad Garuda Muda harus berjuang keras untuk menang karena hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal.

Sementara tim di peringkat kedua akan berjuang dengan runner up dari grup lain guna menjadi satu runner up terbaik.

Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan pertama, Jumat 18 Agustus. Dalam laga yang digelar di Stadion Rayong, pasukan STY akan melawan Malaysia. Laga kedua Indonesia akan menghadapi Timor Leste yang digelar Minggu, 20 Agustus.

Di kesempatan lain, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji mengatakan penampilan Timnas U-23 di Piala AFF U-23 2023 ini akan menjadi persiapan Indonesia jelang turnamen-turnamen berikutnya.

"Piala AFF U-23 ini menjadi persiapan tim U-23 berlaga di kualifikasi AFC Asia melawan Taiwan dan Turkmenistan, September nanti," ujar Sumardji.

"Lalu berlanjut ke target utama bisa berlaga di Piala Asia U-23 2023 di Qatar sebagai kualifikasi ke Olimpiade Paris. Jadi dengan semua rentetan turnamen itu, Piala AFF U-23 ini menjadi sangat penting," ucap Sumardji.