Gagal Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia U-17 2023, Timnas U-17 Kembali ke Jakarta untuk Dibubarkan
Timnas Indonesia U-17 gagal lolos babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. (dok Media PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Perjalanan timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 terhenti setelah gagal mengamankan tiket ke babak 16 besar. Langkah yang terhenti di fase grup ini membuat Skuad Garuda Muda mesti kembali ke Jakarta.

Selama fase grup, timnas U-17 menetap di Surabaya berkaitan dengan agenda tanding Grup A yang memang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo. Setelah langkah terhenti di fase grup, tim asuhan Bima Sakti bertolak ke Jakarta pada Minggu, 19 November untuk dibubarkan oleh PSSI.

Keputusan pembubaran skuad timnas U-17 ini karena tak ada lagi agenda kelompok usia sepanjang tahun 2023. Agenda internasional baru ada lagi pada 2024 dari kategori usia 15 tahun.

Beberapa agenda usia muda yang menanti Skuad Indonesia di 2024 adalah Piala AFF U-16 2024 dan Kualifikasi Piala Asia U-17 2025. Jika melihat jadwal, itu berarti kelompok usia juga sudah berganti dan akan masuk di kategori U-20.

“Setiba di Jakarta, tim U-17 Indonesia menunggu kabar selanjutnya sebelum dipulangkan ke klub atau kota masing-masing,” tulis PSSI dalam rilis resminya pada Minggu, 19 November.

Meski harus kembali ke Jakarta untuk kemudian dibubarkan, tapi Bima Sakti selaku pelatih timnas Indonesia U-17 meminta agar para pemain m terus berlatih keras. Hal itu disampaikan karena ia yakin masa depan anak asuhnya cerah dan masih harus bersaing di kategori U-20.

“Anak-anak tim U-17 Indonesia memiliki masa depan yang cerah dan potensi mereka luar biasa. Insya Allah pemain-pemain ini akan disiapkan untuk ke tim U-20 Indonesia tahun depan,” katanya.

"Bersama coach Indra Sjafri yang notabene akan mengikuti berbagai turnamen internasional. Saya berharap mereka terus bekerja keras, disiplin, meningkatkan kemampuan dan menjaga sikap,” sambung Bima Sakti.

Timnas Indonesia U-17 tersingkir di babak penyisihan Piala Dunia U-17 2023 setelah hanya bisa mengakhiri Grup A di peringkat ketiga dengan dua poin dari tiga pertandingan yang dijalani.

Skuad asuhan Bima Sakti mengoleksi angka itu setelah imbang 1-1 melawan timnas Ekuador di laga perdana, kembali imbang 1-1 di laga kedua melawan Panama dan kalah 1-3 dari timnas Maroko U-17 di matchday terakhir.

Catatan poin itu membuat timnas gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Sebab syarat untuk mengunci tiket adalah sebuah tim harus menjadi juara grup, runner-up grup, dan empat posisi ketiga terbaik.