Bagikan:

SURABAYA - Timnas Indonesia U-17 akhirnya terhenti di penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023. Garuda Muda tidak lolos ke babak 16 besar. Pelatih Bima Sakti menyampaikan permintaan maaf atas kegagalan timnas U-17.

Indonesia dipastikan tidak lolos setelah Meksiko U-17 mengalahkan Selandia Baru U-17 4-0 dan Burkina Faso U-17 mengalahkan Korea Selatan U-17 2-1. Keberhasilan Meksiko U-17 menjadikan mereka menduduki peringkat dua Grup F.

Sementara Venezuela U-17 yang turun ke peringkat tiga akhirnya memperebutkan tiket ke 16 besar lewat jalur tiga terbaik. Hasilnya, Venezuela pun tetap lolos karena memiliki poin empat. Sedangkan Indonesia hanya mendapatkan dua poin.

Jika laga Burkina Faso U-17 dan Meksiko U-17 berakhir imbang, maka Indonesia masih ada harapan lolos ke babak 16 besar. Namun harapan itu tak sesuai kenyataan dan Indonesia harus tersingkir lebih awal.

"Kami minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia karena tidak lolos ke 16 besar Piala Dunia U-17 2023. Terima kasih atas semua doa dan dukungan yang diberikan kepada kami," kata pelatih timnas Indonesia U-17 Bima Sakti.

"Seluruh pemain sudah berjuang keras dan bermain maksimal. Terus terang bermain di ajang ini sungguh pengalaman luar biasa bagi kami," ujar Bima lebih lanjut.

Bima mengatakan bila pemain timnas U-17 memiliki potensi dan masa depan bagus. Ini yang menjadikan mereka diproyeksikan menjadi tulang punggung timnas U-19 dan U-20.

"Anak-anak timnas U-17 memiliki masa depan yang cerah dan potensi mereka luar biasa. Insya Allah mereka akan disiapkan untuk timnas U-20 tahun depan bersama pelatih Indra Sjafri," katanya.

"Mereka dipersiapkan mengikuti berbagai turnamen internasional. Saya berharap mereka terus bekerja keras, disiplin, meningkatkan kemampuan dan menjaga sikap," ucap Bima menambahkan.

Sementara itu, striker Arkhan Kaka menyatakan bahwa dirinya mewakili skuat Garuda Muda minta maaf jika tidak bisa membawa Indonesia lolos ke babak 16 besar. Dia menyebut bahwa tim sudah berjuang keras demi meraih hasil terbaik.

"Bermain di Piala Dunia U-17 2023 ini sungguh pengalaman yang luar biasa bagi kami. Kami harus banyak belajar dan terus meningkatkan kemampuan kami agar ke depan menjadi lebih baik lagi," kata Arkhan Kaka.

"Terima kasih untuk semua dukungan masyarakat Indonesia kepada kami selama turnamen ini berlangsung," ujarnya.