Orang Brasil Kagum dengan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia
Jacksen F. Tiago menjadi saksi orang-orang Brasil kagum dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023 (dok. LOC WCU17).

Bagikan:

JAKARTA – Perhelatan Piala Dunia U-17 2023 kini memasuki babak 16 besar. Sepanjang babak grup yang baru saja kelar, Indonesia selaku tuan rumah sudah menerima banyak sorotan.

Memang ada kritik yang terlontar. Namun, tak sedikit juga yang memberikan apresiasi.

Salah satu komentar positif datang dari para penonton asal Brasil. Hal itu diungkapkan Jacksen F. Tiago, mantan pelatih Timnas Indonesia yang juga berkebangsaan Brasil.

Dia menyebut suporter Brasil baik yang menonton langsung maupun melalui layar kaca sangat kagum dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

“Saya bisa menjadi saksi akhirnya Indonesia mampu membawa Piala Dunia ke negara ini, meskipun U-17. Ini harus disyukuri. Kawan-kawan di Brasil hampir setiap hari kirim WhatsApp, kagum dengan stadion dan bangsa Indonesia bisa menggelar Piala Dunia dengan begitu luar biasa,” ucap Jacksen.

“Kita harus memberi pujian kepada seluruh pelaku sepak yang terlibat mulai dari pemain, media, suporter, dan Pemerintah Indonesia yang melakukan gerakan luar biasa. Dengan Piala Dunia ini, anak-anak usia 5, 6, dan 7 tahun saya yakin akan punya cita-cita mewakili bangsa Indonesia lewat sepak bola,” imbuhnya.

Pria berusia 54 tahun itu lebih lanjut menegaskan Piala Dunia U-17 2023 menjadi momen penting sekaligus inspirasi bagi banyak anak-anak Indonesia.

Selain itu, pengalaman berharga pemain yang tampil diharapkan bisa menjadi modal berharga untuk bersaing di level internasional.

“Saya seorang pelaku sepak bola Indonesia mengamati semua penilaian dari wartawan, teman-teman pelatih, atau pemain. Meskipun lama di Indonesia, saya tetap mengamati dari sudut pandang orang asing karena saya masih berpaspor Brasil,” ucapnya.

“Sebenarnya sungguh luar biasa. Harapan kita semua main di kandang, kita harus tahu ini bukan sepak bola Asia, ini level tertinggi di usia mereka.”

“Mereka (Indonesia U-17) menghadapi negara yang jelas lebih maju. Asa Indonesia U-17 bermain di Piala Dunia U-17 akan memberikan dampak kepada generasi berikutnya. Kemajuan yang terjadi di Indonesia sungguh luar biasa,” tutur Jacksen.