Bagikan:

JAKARTA - Kaledonia Baru, tampil di Piala Dunia U-17 untuk kedua kalinya saat datang ke Indonesia. Mereka bergabung dengan Inggris, Brasil dan Iran di Grup C. Kembali hadir di Piala Dunia FIFA U-17 2023 Indonesia, Kaledonia Baru mengusung semangat baru setelah melakukan debut di turnamen ini pada 2017 silam.

Dan hasil pengundian menempatkan mereka di grup yang cukup sulit karena harus bersaing dengan Brasil dan Inggris. Langkah perdana Kaledonia Baru di Grup C Piala Dunia FIFA U-17 2023 dimulai pada 11 November 2023 dengan menghadapi Inggris di Jakarta International Stadium.

Laga kedua dijadwalkan berlangsung 14 November 2023 dengan bertemu Brasil pada pukul 19.00 WIB. Laga terakhir fase grup akan dilakoni pada 17 November 2023 melawan Iran di Stadion Si Jalak Harupat pukul 19.00 WIB.

Kaledonia Baru, sukses menggenggam tiket ke Indonesia, setelah meraih posisi runners-up di Kejuaraan OFC U-17. Pada turnamen yang berlangsung di Fiji, Januari 2023, mereka mengalahkan Samoa dan Tahiti di fase sistem gugur.

Namun mereka akhirnya kalah 1-0 dari Selandia Baru di partai final. Sebuah pencapaian yang membawa takdir mereka untuk bersaing dengan Brasil dan Inggris serta Iran di Piala Dunia FIFA U-17 2023 Indonesia.

Pelatih Leonardo Lopez, yang merupakan mantan pemain kelahiran Bordeaux, sukses meracik tim asuhannya untuk tampil impresif di OFC U-17 2023.

Eks pemain Toulon tersebut kerap menggunakan formasi 3-4-3 dan berharap tuah untuk membawa sukses dari turnamen itu

Adalah Nolhann Alebate, seorang pemain depan muda yang cukup impresif dalam pertandingan Kaledonia Baru selama di OFC U-17. Alebate tampil memukau di OFC U-17 dan diganjar penghargaan sebagai pemain terbaik turnamen.

Pemain yang mengidolakan bintang Perancis dan Paris St-Germain, Kylian Mbappe tersebut, sukses mencetak tiga gol dan dua assist di OFC U-17 2023.

Tidak banyak cerita yang sudah ditorehkan Kaledonia Baru di gelaran Piala Dunia U-17.

Satu-satunya penampilan yang menjadi penampilan perdana adalah di gelaran Piala Dunia U-17 2017 saat digelar di India. Belum bisa bicara banyak di penampilan perdana, Kaledonia Baru tersingkir di babak penyisihan grup.

Namun dari semua penampilan Kaledonia Baru U-17, talenta-talenta muda memiliki semangat juang dan pantang menyerah.

Mereka menorehkan hasil hasil imbang 1-1 saat melawan wakil kuat Asia Jepang U-17 meski harus kalah dari Perancis U-17 dan Honduras U-17 di dua laga pembuka fase penyisihan grup.

Tim U-17 Kaledonia Baru adalah satu-satunya tim dari negara tersebut yang pernah bermain di turnamen Piala Dunia FIFA. Tim senior dan U-20, baik pria maupun wanita, belum pernah lolos ke putaran final turnamen internasional FIFA.