Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia U-17 2023 mulai bergulir hari ini, Jumat 10 November. Pada hari pertama gelaran kelompok umur bergengsi ini bakal ada upacara pembukaan di  Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. 

Berbeda dari acara pembukaan turnamen kelas dunia pada umumnya yang digarap spektakuler, pembukaan Piala Dunia U-17 2023 yang digelar di Indonesia akan dilakukan dengan sederhana bahkan berlangsung cepat. 

Merujuk pada pernyataan Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick, Thohir dan Wakil Ketua Umum PSSI durasi acara pembukaan hanya berlangsung 8-10 menit. 

“Menyiapkan acara pembukaan delapan sampai 10 menit merupakan tantangan. Beda halnya dengan Asian Summit atau G20 waktunya agak longgar,” kata Erick Thohir dikutip dari situs resmi PSSI. 

Ketersediaan waktu yang singkat itu bakal diupayakan untuk menampilkan sajian yang menghibur. Di sisi lain, Erick Thohir mengungkap bahwa sejatinya Piala Dunia U-17 tak disarankan untuk menggelar upacara pembukaan.

Namun berkat upayanya menjalin komunikasi dengan FIFA selaku penyelenggara, makan diizinkan ada ya upacara pembukaan meski dengan waktu yang singkat. 

“Dengan kapasitas dan pengalaman yang dimiliki, saya percaya Wishnutama dan timnya bisa menyajikan pembukaan yang membanggakan” lanjut Erick Thohir. 

“Ya sudah bagus itu (upacara pembukaan) ada. Harusnya nggak ada. Ini Indonesia sudah luar biasa bisa opening. Waktu U-20  saya usahakan waktu itu sudah bisa,” ujarnya.

“Kalian lihatlah kalau biasa U-17 enggak ada opening-opening-an pertandingan pertama itu adalah opening-nya. Cuma kita berbaik-baik dengan FIFA dan akhirnya FIFA memberikan kesempatan kepada Indonesia,” terang Zainudin Amali menambahkan.

Upacara pembukaan Piala Dunia U-17 2023 digelar di tengah-tengah antara waktu pertandingan pertama dan kedua di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya. Penyanyi Wika Salim dan aktris Aurelie Moeremans akan jadi pengisi acara pembukaan. 

Jadwal pembukaan Piala Dunia U-17 2023 bakal berlangsung pukul 18.30 WIB atau setelah pertandingan Panama vs Maroko yang berlangsung pukul 16.00 WIB. Setelah itu akan langsung digelar pertandingan kedua mulai pukul 19.00 WIB  antara Timnas Indonesia U-17 vs Ekuador.