Profil Peserta Piala Dunia FIFA U-17 2023: Selandia Baru, Jaga Momentum
Selandia Baru U-17 siap membuat kejutan di Piala Dunia FIFA U-17 2023 di Indonesia. (FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - Selandia Baru menjadi kontestan Piala Dunia FIFA U-17 2023 Indonesia setelah tampil sebagai kampiun Piala Oceania U-17 2023. Selandia Baru akan melewati laga penyisihan Grup F bersama Venezuela, Jerman, dan Meksiko.

Di Indonesia, Selandia Baru memiliki target menuju Piala Dunia FIFA U-17 2023 dengan capaian melampaui babak 16 besar untuk pertama kalinya di turnamen tersebut.

Harapan tersebut diawali dengan laga pada 12 November 2023 saat menjamu Selandia Baru di Stadion Si Jalak Harupat Bandung. Kemudian dilanjutkan laga kedua pada 15 November 2023 dengan menjamu Jerman dengan jadwal kickoff 19:00 WIB.

Laga penyisihan ketiga akan dijalani Selandia Baru pada 18 November 2023 dengan menghadapi Meksiko. Laga penyisihan yang dinilai cukup berat bagi Selandia Baru. Namun target untuk bisa masuk 16 besar, akan dikejar oleh sang juara OFC.

Selandia Baru mengamankan tiket ke Indonesia dengan memenangkan kejuaraan OFC U-17 2023 yang diadakan di Fiji pada Januari 2023 lalu. Anak asuh Martin Bullock merebut gelar juara kesembilan, setelah mengalahkan Kaledonia Baru 1-0 di partai puncak final.

Bullock adakah mantan pemain timnas Inggris U-21, yang menghabiskan sebagian besar karier bersama Barnsley dan Blackpool. Sebagai pelatih, pria berpaspor Inggris tersebut memegang posisi penting di akademi Brisbane Roar dan Melbourne Victory.

Dan tiga tahun lalu atau tepatnya di 2020, Bullock bergabung dengan Federasi Sepak Bola Selandia Baru. Dirinya memegang mimnas U-17, yang dibawanya lolos ke putaran final Piala Dunia FIFA U-17 2023.

Timnas U-17 Selandia baru memiliki Luke Supyk, seorang striker tajam di lini depan. Supyk adalah pemain muda berbakat secara teknis, yang telah menjelma menjadi pencetak gol terbanyak di kejuaraan OFC U-17 2023 dengan enam gol.

Supyk, baru-baru ini menandatangani kontrak profesional pertamanya dengan klub Wellington Phoenix untuk masa tiga tahun.

Di Piala Dunia U-17, Selandia baru mencatatkan penampilan bisa lolos ke fase gugur pada tiga kesempatan. Namun hasil dari penyisihan grup tersebut belum diikuti dengan memenangkan satu pertandingan-pun di fase gugur.

Dan saat ini untuk tampil di Indonesia, Selandia Baru memiliki catatan cukup bagus dengan telah memenangkan tujuh edisi terakhir kejuaraan OFC U-17.