Korea Masters 2023: Hanya Satu Wakil Indonesia ke Perempat Final
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat dalam penampilan di babak kedua Korea Masters 2023 (foto: Dok. PBSI)

Bagikan:

JAKARTA — Indonesia dipastikan hanya punya satu wakil yang melangkah ke babak perempat final Korea Masters 2023 dari lima wakil yang berjuang di babak kedua.

Ini setelah ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat berakhir dalam rubber game 21-14, 21-23, dan 16-21 di tangan pasangan Chinese Taipei, Lee Jhe-Huei/Yang Po-Hsuan, Kamis, 9 November 2023.

"Sangat disayangkan memang di gim kedua, kami tidak bisa menyelesaikannya. Kami di poin kritis kurang cari akal, kurang variatif, terlalu monoton permainannya. Ini menjadi pelajaran buat kami untuk ke depan," ujar Kevin.

"Masih banyak yang harus kami tingkatkan kalau mau setidaknya bersaing di top 10. Kami akan coba lagi di turnamen berikutnya," ia menambahkan.

Selain Kevin/Rahmat, kegagalan juga dialami tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito, tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi, dan ganda campuran Adnan Maulana/Nita Violina Marwah.

Shesar menyerah dua gim langsung melawan unggulan kelima Chinese Taipei Wang Tzu Wei. Ini adalah kekalahan perdana Shesar melawan Wang setelah dua pertemuan sebelumnya dia selalu menang.

"Saya sudah lama tidak bertemu dengan Wang Tzu Wei, kemenangan saya di dua pertemuan sebelumnya terjadi di tahun 2011 dan 2015 jadi tidak bisa dijadikan patokan," kata Shesar.

Selanjutnya adalah Komang yang menyerah di tangan tunggal putri Thailand Pornpicha Choeikeewong. Ini adalah kekalahan kedua Komang setelah sebelumnya dia juga menyerah di pertemuan pertama mereka di Denmark Masters 2022.

Terakhir Adnan/Nita kalah melawan unggulan pertama tuan rumah Seo Seung Jae/Chae Yu Jung. Wakil Indonesia dipaksa takluk dalam dua gim langsung.

Sementara itu, satu tiket perempat final yang didapat Indonesia adalah dari tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo. Dia lolos setelah menghentikan Lin Sih Yun dua gim langsung.

Ester selanjutkan akan bertemu dengan Pornpicha, yang menghentikan Komang. Ini bisa menjadi kesempatan Ester buat balas kekalahan rekannya tersebut.