Profil Peserta Piala Dunia FIFA U-17 Indonesia: Burkina Faso, Give Me Five
Timnas Burkinao Faso U-17 siap memberi kejutan. (FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - Burkina Faso, salah satu wakil Afrika di Piala Dunia FIFA U-17 2023 Indonesia. Timnas senior Burkina Faso sempat lama tak terdengar. Namun tim junior mereka malah sudah tampil untuk kelima kalinya di gelaran turnamen U-17 tersebut.

Sepak bola Burkina Faso memang kalah populer dengan Prancis, Amerika Serikat, dan bahkan Korea Selatan. Namun The Little Stallions siap memberi kejutan di penyisihan Grup E yang digelar di Jakarta International Stadium (JIS).

Timnas Burkina Faso U-17 menempati posisi ketiga pada Piala Afrika U-17 2023. Hasil yang membawa mereka bisa berpartisipasi di Piala Dunia FIFA U-17 untuk kelima kalinya.

Di Grup E, Burkina Faso mengawal pertarungan dengan menghadapi Prancis pada 12 November 2023. Laga selanjutnya, 15 November 2023, mereka bertemu Amerika Serikat dan terakhir pada 18 November 2023 bersua Korea Selatan.

Burkina Faso memulai  Piala Afrika U-17 2023 dengan start yang kurang bagus, setelah dikalahkan oleh Mali.

Namun, Burkina Faso berhasil bangkit dari ketertinggalan dalam pertandingan penentuan penyisihan grup untuk lolos ke fase gugur. Namun mereka sukses mengalahkan Nigeria 2-1 untuk mencapai tiket semi final dan mengamankan tiket ke gelaran Piala Dunia U-17.

Perjalanan Burkano Faso di Africa Cup berakhir di empat besar atau semifinal, setelah kalah adu penalti lawan Senegal. Meski demikian, mereka tetap lolos karena masuk empat besar.

Saat menginjakkan kaki di Indonesia dan tampil untuk kelima kalinya di Piala Dunia U-17, mereka membawa misi meraih hasil terbaik. Timnas Burkina Faso U-17 dipimpin pelatih Brahima Traore, sosok yang dikenal sangat ambisius.

Namun dia memang membuktikan kinerjanya dengan membawa tim asuhannya lolos ke putaran final turnamen U-17 untuk pertama kalinya, dalam 12 tahun terakhir.

Ini yang menjadikan pamornya langsung terdongkrak. Traore dikenal sebagai juru taktik yang cermat dan mampu terus mengembangkan kondisi tim, untuk beradaptasi dengan lawan.

Traore cukup terampil menerapkan permainan berbasis penguasaan bola dengan permainan pressing yang agresif. Dan strategi tersebut akan dibuktikan untuk Burkina Faso pada gelaran Pilada Dunia U-17 2023 Indonesia.

Dari sisi pemain, Burkina Faso memiliki Souleymane Alio, pemain yang dinobatkan sebagai pemain terbaik di gelaran Piala Afrika U-17.

Alio adalah penyerang yang biasa bermain dengan penuh kejutan. Kemampuannya sudah tampak di usianya yang masih belia.

Alio memulai karier sebagai pemain sayap kanan yang bermain dengan kecepatan. Dia juga dikenal memiliki keahlian penguasaan bola di atas rata-rata. Di timnas, Alio ditempatkan sebagai gelandang serang untuk jadi poros serangan tim.

Piala Dunia FIFA U-17 2023 Indonesia akan menjadi penampilan kelima Burkina Faso. Penampilan terbaik dicatatkan di 2001 silam, saat di luar dugaan, Wilfried Sanou berhasil memimpin Burkina Faso meraih medali perunggu di Trinidad dan Tobago.

Pada gelaran 2001 tersebut, Burkina Faso sukses mengalahkan raksasa sepak bola Spanyol dan Argentina. Burkina Faso menjadi kuda hitam dan meraih posisi ketiga pada Piala Dunia U-17 2001 tersebut.