Profil Peserta Piala Dunia FIFA U-17 2023: Amerika Serikat, Sejarah Baru Sejajar Brasil
Amerika Serikat U-17 siap menciptakan sejarah setelah menjadi negara paling banyak tampil di Piala Dunia U-17 bersama Brasil. (FIFA)

Bagikan:

JAKARTA - Amerika Serikat mencatatkan rekor dengan penampilan ke-18 kali di Piala Dunia FIFA U-17 2023 yang digelar di Indonesia. Kini, AS ingn menciptakan sejarah setelah mengukir rekor paling banyak berlaga di Piala Dunia U17 bersama Brasil.

Timnas Amerika Serikat U-17 lolos ke Piala Dunia FIFA U-17 setelah menjadi runners-up di kejuaraan CONCACAF U-17 2023. Setelah menekuk Kanada 2-0 di empat besar, langkah Amerika Serikat U-17 akhirnya di laga puncak. Mereka kalah di tangan sang Raja CONCACAF, Meksiko dengan skor 3-1.

Di Piala Dunia FIFA U-17 2023, Amerika Serikat berada di Grup E bersama dengan Korea Selatan, Burkina Faso, dan Perancis.

Tiga pertandingan babak penyisihan grup yang dilakoni Amerika Serikat akan digelar di Jakarta International Stadium. Pada 12 November 2023 Amerika Serikat memulai perjalanan di Piala Dunia U-17 dijamu Korea Selatan.

Tiga hari kemudian Amerika Serikat akan menjamu Burkina Faso di tempat yang sama, kickoff dimulai pukul 16.00 WIB.

Laga ketiga penyisihan grup akan dijalani Amerika Serikat dengan menjamu Prancis di Jakarta International Stadium pada 18 November 2023 mulai pukul 19.00 WIB.

Di Indonesia, Amerika Serikat dipimpin pelatih Gonzalo Segares, mantan pemain bertahan yang menghabiskan sebagian besar karier sepak bola profesional bersama Chicago Fire. Pelatih berpaspor Kostarika tersebut memiliki 19 caps bersama timnas Kostarika.

Setelah gantung sepatu, Segares memulai karier kepelatihan di klub yang membesarkannya Chicago Fire. Tiga tahun lalu Segares memulai karier menjadi pelatih timnas U-15 Amerika Serikat. 

Dan, akhirnya di 2021 dipercaya untuk memegang Timnas U-17 Amerika Serikat. Dan pada penampilan ke-18 di Piala Dunia U-18, Segares bersama dengan anak asuhnya dalam kondisi sangat siap untuk memecahkan rekor dengan pencapaian terbaik.

Untuk mewujudkan target tersebut saat ini Amerika Serikat memiliki pemain kunci Keyrol Figueroa, yang merupakan anak dari mantan kapten Honduras dan bek Wigan Athletic, Maynor Figueroa.

Keyrol saat ini bermain untuk tim U-18 Liverpool. Di Timnas U-17 Amerika Serikat Keyrol menjadi salah satu pemain dengan bakat paling menonjol.

Keyrol tercatat berhasil mencetak tujuh gol di tujuh pertandingan kejuaraan CONCACAF. Sebuah catatan yang hanya mampu ditandingi oleh pemain Meksiko, Stephano Carrillo.

Di gelaran Piala Dunia U-17 Indonesia, Keyrol akan membuktikan kembali ketajamannya untuk bersaing dengan Grup E.

Dalam 17 kesempatan di turnamen Piala Dunia U-17, Amerika Serikat sukses mencapai level perempat final lima kali. Hasil terbaik diperoleh di 1999 saat digelar di Selandia Baru.

Saat itu Amerika Serikat diperkuat DaMarcus Beasley dan Landon Donovan, berhasil masuk empat besar. Mereka di kalahkan Ghana 2-0 pada laga perebutan peringkat ketiga.

Di Grup E Piala Dunia U-17 Indonesia 2023, Amerika Serikat akan menjalani persaingan penyisihan grup salah satunya melawan Korea Selatan. Terakhir kali Amerika Serikat bermain melawan Korea Selatan di Piala Dunia U-17 di 2003, saat mereka menang 6-1 melalui hat-trick dari Freddy Adu.

Saat ini jumlah penampilan Amerika Serikat masih menjadi yang terbanyak bersama dengan Brasil, dibandingkan dengan negara lain.