Profil Peserta Piala Dunia FIFA U-17: Prancis, Ulangan Pencapaian 2001
Timnas Perancis U-17 memiliki keyakinan kuat menjadi juara di Piala Dunia FIFA U17 2023 Indonesia. (Twitter @FFF)

Bagikan:

 JAKARTA - Gelaran Piala Dunia FIFA U-17 2023 menjadi turnamen ke delapan yang diikuti Perancis. Di Indonesia yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, Perancis berada di Grup E bersama Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

Sebagai semifinalis edisi Piala Dunia FIFA U-17 2019, Les Bleuets datang ke Indonesia dengan harapan memenangkan turnamen. Sebuah target untuk mengulangi pencapaian yang didapatkan pada perhelatan 2001 di Trinidad & Tobago.

Untuk memenuhi ambisi tersebut, Perancis harus melewati periode penyihan grup di Jakarta Internasional Stadium. Laga perdana dilakoni pada 12 November melawan Burkina Faso.

Kemudian pada 15 November 2023 akan bersua Korea Selatan dan pada 18 November 2023 meladeni Amerika Serikat.

Perancis lolos ke gelaran Piala Dunia U-17 2023 setelah berhasil mengalahkan Inggris dengan skor tipis di perempat final EURO U-17. Capaian sebagai semifinalis diperoleh di pada gelaran turnamen di Hongaria di musim semi 2023.

Selanjutnya, mereka mencapai final, namun kalah di laga yang berakhir dengan adu penalti melawan Jerman. Sebagai juara ketiga di Brasil 2019 dan juara Piala Eropa U-17 2022, Les Bleuets, biasanya tampil garang di turnamen besar.

Dan kali ini dengan capaian yang pernah ditorehkan, Prancis tercatat menjadi salah satu tim favorit juara di Indonesia.

Perancis akan dipimpin Coach Jean-Luc Vannuchi, pelatih yang lahir di Marseille. Tercatat dia bergabung dengan Federasi Sepak Bola Prancis (FFF) di 2018 sebagai pelatih tim muda.

Saat menangani Auxerre, Luc Vannuchi dikenal dengan pencapaian final Piala Perancis di 2015. Mantan pemain bertahan di Nice, Guingamp, Cannes, dan Nimes tersebut tercatat sukses memimpin Perancis ke final Euro U-17 pada awal tahun ini.

Di sisi pemain, Les Bluets memiliki Mathis Lambourde, seorang ujung tombak serba bisa yang telah menjalani laga perdana di level senior pada September 2023. Laga perdana dijalani saat Rennes bermain imbang 2-2 dengan Lille di Roazhon Park.

Pemain kelahiran Lille ini berperan penting bagi timnas Perancis U-17, ketika berhasil mencetak gol kemenangan saat melawan Inggris di EURO 2023 pada menit 89. Sebuah kemenangan untuk memastikan Prancis lolos ke Piala Dunia 2023.

Peranci sudah delapan kali tampil di Piala Dunia FIFA U-17. Namun baru sekali mereka menasbihkan diri menjadi juara ketika digelar di Trinidad & Tobago pada 2001. Kala itu, Florent Sinama-Pongolle mencetak sembilan gol untuk meraih penghargaan Sepatu Emas dan Bola Emas.

Perancis sukses lolos lima kali dari sembilan edisi Piala Dunia U-17 sejak saat itu. Namun hanya satu kali mencapai semifinal, yaitu pada edisi Brasil yang digelar di 2019.