Permintaan Kapten Timnas U-17: Penonton Penuhi Stadion untuk Jadi Pemain Ke-12
Timnas U-17 Indonesia berharap dukungan suporter. (foto instagram @bimasakti)

Bagikan:

JAKARTA - Kapten timnas Indonesia U-17, Muhammad Iqbal Gwijangge punya permintaan khusus kepada pecinta sepak bola Tanah Air jelang bergulirnya Piala Dunia U-17 2023. Ia ingin kehadiran penonton bisa jadi teror bagi tim lawan. 

Timnas U-17 tergabung dalam Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko. Untuk grup ini, seluruh pertandingan fase grup akan digelar di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya sebagai home base. 

Pertandingan perdana timnas U-17 akan berlangsung pada 10 November dan lawan pertama yang akan dihadapi adalah Ekuador. Jelang laga itu, Iqbal mengungkap bahwa tim perlu dukungan penonton untuk membuat mental lawan gemetar. 

“Karena kami main di kandang sendiri, saya harap semua (suporter) bisa hadir full di stadion karena itu akan memberikan nervous bagi lawan karena gemuruh stadion," kata Iqbal Gwijangge dalam keterangan dikutip Rabu, 8 November.

Menurut Iqbal, meski secara pengalaman para pemain Ekuador, Panama dan Maroko itu lebih baik dari Indonesia, tetapi dia yakin di usia mereka yang rata-rata baru menginjak 17 tahun, tekanan suporter akan sangat berpengaruh.

"Mungkin itu (gemuruh penonton) akan memberikan efek, karena pertandingan akan berjalan dengan intensitas tinggi. Jadi saya meminta doa dan dukungannya dari seluruh masyarakat Indonesia, (baik) yang hadir di stadion atau yang nonton di rumah,” lanjut Iqbal menambahkan. 

Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung mulai 10 November sampai 2 Desember mendatang. Selain di GBT, ajang tersebut akan dilangsungkan di Jakarta International Stadium atau JIS (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung) dan Stadion Manahan (Solo).

Terkait