Bagikan:

 

JAKARTA - Kapten Manchester United U-17, Finley McAllister menjadi salah satu pemain muda yang ikut tampil di Piala Dunia U-17 2023. Ia tampil untuk membela skuad Inggris yang tergabung di Grup C.

Timnas Inggris U-17 dan tiga tim lainnya yang tergabung di Grup C menjalani fase grup di Jakarta International Stadium (JIS). Pertama kali menjajal stadion kebanggaan warga Jakarta, Finley yang juga jadi kapten timnas Inggris U-17 memberikan pandangannya. 

Ia mengklaim tidak ada yang berbeda dengan kondisi lapangan JIS dengan lapangan yang digunakan di negara asalnya. Finley juga mengaku cukup menikmati jalannya pertandingan dalam stadion yang berlokasi di kawasan Jakarta Utara itu.

"Tidak ada yang berbeda (dari JIS). Lapangannya sangat bagus dan mendukung performa kami untuk memberikan yang terbaik. Sebagian besar dari kami sangat menikmati bermain di lapangan ini,” ucapnya kepada awak media selepas sesi latihan di Stadion Madya, Senayan pada Senin 13 November. 

Selain soal lapangan, Finley McAllister juga angkat bicara soal penggunaan VAR pertama di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Ia merasa cukup asing dengan banyaknya sorotan yang diarahkan kepada VAR lantaran teknologi itu sejatinya sudah cukup masif digunakan di Liga Inggris.

Perasaan heran sang kapten tak lepas dari keputusan PSSI selaku federasi sepak bola Tanah Air yang baru kali pertama menggunakan fasilitas canggih itu. Dimana Piala Dunia U-17 menjadi momen trial and error penggunaan VAR di Indonesia sebelum benar-benar diterapkan di Liga 1. 

“Ini perasaan yang sedikit berbeda buat kami karena VAR sudah digunakan secara masif di Liga Inggris,” katanya.

“Sebagai pemain Inggris yang tergabung dalam akademi klub Premier League, (VAR) adalah hal yang familiar buat kami, jadi kami cukup tahu harus bersikap bagaimana,”

“(Namun karena VAR baru di PIala Dunia U-17), ini juga menjadi tantangan buat kami, dan saya senang menerima serta menghadapi tantangan itu," ujarnya menjelaskan.

Foto: Ulfa Gusti