Bagikan:

JAKARTA - Brasil U-17 harus bangkit saat melakoni laga kedua melawan Kaledonia Baru U-17 di laga penyisihan Grup C Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Jakarta International Stadium, Selasa, 14 November 2023. Juara bertahan Brasil memastikan tidak ada celah seperti saat melawan Iran U-17.

Saat melawan Iran dalam duel pertama, Brasil justru membiarkan ada celah yang kemudian dimanfaatkan lawan. Hasilnya, Brasil harus mengakui keunggulan Iran.

Mereka kalah 3-2 dan ini menjadi kejutan di Piala Dunia FIFA U-17 2023 saat juara bertahan tumbang di laga pertama. Padahal, Selecao sempat unggul lebih dulu sebelum Iran membalikkan keadaan.

Kekalahan ini memberi pelajaran berharga bagi Brasil agar tidak lengah meski sudah unggul. Pelatih Phelipe Leal mengakui moral pemain begitu mudah ambruk setelah lawan mencetak gol pertama. Padahal, saat itu mereka masih unggul.

"Ini tak boleh terjadi lagi saat kami menghadapi Kaledonia Baru. Di laga pertama kami sudah unggul dua gol, tetapi lawan mampu bangkit dan gol pertama membuat mental pemain goyah," kata Leal.

"Di Piala Dunia tidak boleh ada celah seperti itu. Kami harus bangkit di pertandingan selanjutnya," ucap dia.

Kini, Brasil bertemu lawan ringan di laga berikut. Kaledonia Baru menelan kekalahan 10-0 saat melawan Inggris di laga pertama. Ini menjadi skor terbesar di Piala Dunia U-17 di Indonesia.

Meski menghadapi lawan yang baru saja hancur-lebur, Leal memastikan tidak akan meremehkan Kaledonia Baru.

Menurut dia tim tetap bermain serius dan tidak akan membiarkan lawan mendapatkan celah yang menjadikan mereka bisa menghukum Brasil.

Sementara, pelatih Kaledonia Baru Leonardo Lopez berharap tim asuhannya bisa bangkit setelah mengalami kekalahan telak. Saat laga melawan Inggris, tim begitu gampang kebobolan.

Pemain juga melakukan kesalahan tak perlu yang berujung penalti. Namun Lopez memastikan tim bakal berubah saat menghadapi Brasil.

"Kekalahan yang tidak mudah diterima. Kami sudah mempersiapkan pola bertahan dan strategi itu berjalan dengan baik selama 15 menit pertama. Namun akhirnya kami malah kebobolan lebih banyak," ucap Lopez.

Menarinya, tim Kaledonia Baru sesungguhnya mendapat dukungan dari penonton yang datang ke stadion. Namun mereka tetap gagal mengimbangi The Young Three Lions.