Bayern Munchen vs Galatasaray, Harry Kane Cs. Bersiap untuk Melaju ke Babak 16 Besar Liga Champions
Harry kane makin subur bersama Bayern Munchen. (foto: twitter @fcbayern)

Bagikan:

JAKARTA - Bayern Munchen bisa memastikan tempat mereka di babak gugur Liga Champions musim jika mampu menaklukkan Galatasaray di Stadion Allianz Arena pada Rabu malam, 8 November.

Bayern bahkan kini mencari kemenangan untuk melengkapi double over lawan klub asal Turki itu setelah mereka setelah meraih kemenangan 3-1 dalam pertemuan sebelumnya dua minggu lalu.

Tiga hari setelah mengalami kekalahan memalukan di putaran kedua DBF-Pokal oleh tim divisi tiga Saarbrucken, Bayern Munich kembali meraih kemenangan dalam penampilan yang mengesankan ketika mengalahkan rival Bundesliga, Borussia Dortmund 4-0 di Westfalenstadion pada Sabtu lalu.

Dayot Upamecano membawa Bayern unggul pada menit keempat sebelum Harry Kane mencetak hat-trick luar biasa pada debutnya dalam Der Klassiker. Ia kini meningkatkan jumlah gol Bundesliga-nya menjadi 15 dari hanya 10 pertandingan. Kane juga membantu tim Thomas Tuchel meraih kemenangan berarti dan tetap bersaing ketat dengan Bayer Leverkusen di puncak klasemen.

Bayern sangat senang kembali ke Allianz Arena di mana mereka telah memenangkan empat pertandingan terakhir dan mencetak 22 gol. Ini termasuk empat gol dalam kemenangan menegangkan 4-3 atas Manchester United dalam Liga Champions pada matchday kedua.

Bayern, yang merupakan salah satu dari empat tim dengan catatan sempurna dalam fase grup setelah tiga pertandingan musim ini, saat ini memiliki rekor tak terkalahkan terpanjang dalam sejarah fase grup Liga Champions. Rekor itu diperpanjang hingga 37 pertandingan berkat kemenangan atas Galatasaray dua minggu lalu.

Juara enam kali Kompetisi Eropa ini telah memenangkan enam pertemuan terakhir mereka dengan tim Turki di kompetisi Eropa, termasuk kemenangan telak 6-0 atas Galatasaray dalam pertemuan sebelumnya di kandang pada musim 1972-73.

Galatasaray memasuki pertandingan Rabu ini dalam formasi yang sangat baik dengan delapan kemenangan dari sembilan pertandingan terakhir mereka di semua kompetisi. Mereka hanya takluk 1-3 di kandang dari Bayern Munich. Ini menjadi satu-satunya catatan buruk dalam daftar prestasi mereka.

Tim asuhan Okan Buruk ini hampir tidak melakukan kesalahan di liga domestik karena mereka mengumpulkan 31 poin dari total 33 poin yang tersedia dalam 11 pertandingan Super Lig. Mereka juga membukukan 10 kemenangan beruntun sejak hasil imbang tanpa gol dengan Kayserispor pada akhir pekan pembuka musim pada pertengahan Agustus.

Wilfried Zaha menginspirasi Galatasaray untuk meraih kemenangan terbaru dengan mencetak gol di babak pertama dan kedua untuk membantu tim Turki tersebut meraih kemenangan 2-1 atas Kasimpasa pekan lalu. Ini membuat mereka naik ke puncak klasemen, menggeser Fenerbahce.

Galatasaray kini kembali fokus pada Liga Champions di mana mereka tetap bersaing untuk mencapai babak 16 besar untuk pertama kalinya dalam sepuluh tahun terakhir. Peluang mereka saat ini terbuka karena berada di posisi kedua di Grup A. Mereka unggul satu poin atas Manchester United yang berada di posisi ketiga dan akan menghadapinya pada matchday kelima.

Juara 23 kali Liga Turki ini belum pernah mengalahkan Bayern sebelumnya, tetapi mereka dapat datang ke Bayern dengan optimisme karena belum terkalahkan dalam sepuluh pertandingan tandang Eropa terakhir mereka. Bahkan mereka telah memenangkan keempat pertandingan tandang terakhir mereka dengan tim Jerman. Terakhir kali mereka mengalahkan Schalke 04 dengan skor 3-2 dalam Liga Champions musim 2012-13.

Bayern Munich akan tampil tanpa bek Matthijs de Ligt selama beberapa minggu karena cedera pada ligamen lutut. Sementara Tarek Buchmann tetap absen karena masih dalam tahap pemulihan dari masalah otot hamstring.

Namun, Bayern mendapat dorongan dengan kembalinya Upamecano dan Leon Goretzka akhir pekan lalu. Goretzka bahkan tetap bermain dengan perban besar di tangannya setelah menjalani operasi bulan lalu. Kini keduanya berpeluang untuk kembali menjadi starter di posisi bek tengah dan gelandang.

Joshua Kimmich menjalani hukuman domestik dua pertandingan pertamanya akhir pekan lalu, tetapi ia akan untuk bermain pada Rabu dan diprediksi akan kembali bermain di lini tengah bersama Goretzka atau Konrad Laimer.

Thomas Muller juga akan terus bersaing dengan Jamal Musiala untuk memulai peran nomor 10. Namun Tuchel kemungkinan akan memberikan kesempatan pada Musiala di starting XI. Ia akan beroperasi di belakang striker Harry Kane, yang telah berkontribusi pada empat gol (dua gol dan dua assist) dalam empat pertandingan fase grup musim ini.

Sementara itu, untuk Galatasaray, kiper Fernando Muslera dihadapkan pada cedera siku yang memungkinkan dia akan absen dalam waktu yang lama setelah pertandingan melawan Kasimpasa. Ini membuat Gunay Guvenc diharapkan akan menjadi pengganti di bawah mistar gawang dan membuat debutnya dalam Liga Champions.

Prakiraan Pemain

Bayern Munchen: Neuer; Mazraoui, Upamecano, Kim, Davies; Laimer, Kimmich; Sane, Musiala, Coman; Kane

Galatasaray: Guvenc; Boey, Sanchez, Bardakci, Karatas; Ayhan, Torreira; Tete, Akturkoglu, Zaha; Icardi