Erling Haaland Bawa Man City ke 16 Besar Liga Champions
Striker Manchester City Erling Haaland saat mencetak gol ke gawang Young Boys di pertandingan Liga Champions. (Twitter @ManCity)

Bagikan:

JAKARTA - Juara bertahan Manchester City melaju mulus ke 16 besar Liga Champions. Langkah Man City ditentukan lewat kemenangan 3-0 atas Young Boys dalam duel di Grup G di Stadion Etihad, Rabu, 8 November dini hari WIB. Striker Erling Haaland mencetak brace yang membawa Man City ke babak knockout.

Kemenangan mudah Man City atas Young Boys sehingga mereka mencetak poin sempurna di penyisihan grup. Dari empat pertandingan, Man City selalu meraih kemenangan sehingga mengumpulkan poin 12.

Meski penyisihan grup masih menyisakan dua pertandingan lagi, namun perolehan poin The Cityzens sudah tak bisa dikejar Crvena Zvezda yang menduduki peringkat tiga. Crvena Zvezda atau Red Star Belgrade hanya mampu meraih satu poin setelah kalah 2-1 lawan RB Leipzig.

Kemenangan atas Crvena Zvezda itu juga membawa Leipzig lolos ke 16 besar mendampingi Man City setelah memiliki poin sembilan. Namun Leipzig yang menduduki peringkat dua masih berpeluang menggeser Man City dari puncak klasemen.

Man City menunjukkan permainan terbaik dan konsistensi meski tampil dengan tim yang berbeda. Setelah merebut posisi puncak klasemen Premier League Inggris, mereka melanjutkan tren positif dengan mengatasi perlawanan Young Boys. 

Ini menjadikan mereka selalu lolos dari penyisihan grup Liga Champions untuk ke-11 kalinya secara berturut-turut.

Di laga itu, manajer Pep Guardiola memilih melakukan perombakan tim. Selain menghadapi lawan enteng, mereka akan melakoni laga tak mudah melawan Chelsea di Stamford Bridge, akhir pekan ini.

Paling tidak ada enam pemain yang diistirahatkan, termasuk Jeremy Doku, Rodri dan Bernardo Silva. Sedangkan Phil Foden dan Jack Grealish kembali menjadi starter. Beberapa pemain cadangan seperti Rico Lewis dan Josko Gvardiol pun mendapat kesempatan menjadi starter.

Hasilnya, Man City langsung menggebrak. Lewis sempat mengancama gawang tim tamu. Namun upayanya masih bisa digagalkan bek Loris Benito.

Man City akhirnya berhasil unggul saat Haaland mencetak gol dari titik penalti di menit 23. Penalti diberikan setelah gelandang Matheus Nunes dijatuhkan pemain Young Boys Sandro Lauper.

Haaland melakukan eksekusi secara sempurna dan kiper Anthony Racioppi bergerak ke arah yang salah saat hendak mengantisipasi tendangan striker tim nasional Norwegia ini.

Unggul satu gol menjadikan Man City kian bersemangat menekan lawan. Namun tuan rumah baru bisa menambah gol menjelang akhir babak pertama. Foden sukses membobol gawang lawan di menit 45+1.

Berawal dai umpan Grealish yang diterima Foden. Pemain timnas Inggris ini sempat mengecoh bek kiri Ulisses Garcia sebelum melepaskan tendangan ke gawang. Skor 2-0 untuk Man City menutup laga babak pertama.

Di babak kedua, Man City tetap bermain agresif. Pertandingan baru berjalan enam menit, Man City sudah menambah gol saat Haaland yang menerima assist Lewis pun mencetak brace.

Situsi Young Boys kian runyam. Dalam posisi tertinggal tga gol, mereka malah kehilangan seorang pemain.

Lauper mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah setelah menjatuhkan Nathan Ake di menit 53.

Meski demikian, Man City tak bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain untuk menambah gol. Skor 3-0 untuk Man City bertahan sampai akhir laga.