Bagikan:

JAKARTA - Striker Manchester City, Erling Haaland, mencetak rekor gol di Liga Champions. Haaland diyakini bakal terus mencetak rekor sampai-sampai Manajer Pep Guardiola mengaku lelah menjawab pertanyaan yang sama soal mesin gol andalannya.

Haaland mencetak satu gol saat Man City menang 3-2 atas RB Leipzig di pertandingan Grup G Liga Champions 2023/2024.

Pada duel di Stadion Etihad, Rabu, 29 November 2023, dini hari WIB, gol Haaland menjadi awal bagi Man City untuk membalikkan keadaan setelah tertinggal 0-2.

Gol Haaland pun menjadikan striker Timnas Norwegia itu mengemas 40 gol di Liga Champions. Dirinya pun menjadi pemain tercepat mencetak 40 gol di Liga Champions.

Haaland hanya butuh lebih sedikit pertandingan untuk mencapai target gol itu, yaitu 35 laga. Dia memecahkan rekor gol striker Manchester United, Ruud van Nistelrooy, yang mencetak 40 gol dalam 45 laga.

Sebelumnya, dia juga menjadi yang tercepat saat mencetak gol ke-50 dalam laga melawan Liverpool yang berakhir imbang 1-1. Kali ini, Haaland memecahkan rekor mesin gol MU lainnya, Andy Cole.

Haaland bisa mencapai koleksi gol itu hanya dalam 48 pertandingan, sedangkan Andy Cole mencetak 50 gol dalam jangka 65 pertandinga.

"Lagi? Saya harus mengatakan hal itu lagi?" kata Guardiola sambil tertawa saat dimintai komentarnya soal Haaland.

"Sudah ribuan kali, saya sungguh terkesan (kepada Haaland). Kami menang di pertandingan, dia memecahkan rekor. Selamat untuk dia," ucap Guardiola.

Guardiola menyebut Haaland sebagai pemain fantastis. Pencapaiannya pun membantu Man City lolos ke 16 besar Liga Champions 2023/2024.   

"Dia pemain fantastis. Saya sudah berulang kali mengatakannya, kami sangat senang dengan pencapaiannya," kata dia lagi.

"Kami menyukai dia, tidak hanya karena gol-gol yang dicetaknya, tetapi banyak hal," ujar Guardiola.

Guardiola juga menyoroti penampilan buruk Man City, terutama di babak pertama saat melawan Leipzig. Mereka bisa kebobolan sampai dua gol yang diborong Lois Openda.

Ini untuk kali pertama sejak laga di Liga Champions pada 2018 saat Man City kemasukan dua gol dan kemudian bangkit untuk membalikkan keadaan.

Dia berharap pemain belajar dari pertandingan itu. Meski menang, eks pelatih Barcelona itu tak ingin permainan tim cenderung naik-turun.

"Menang di pertandingan ini sungguh tak menyenangkan. Kami harus bicara di depan cermin dan berkata, kami harus bermain lebih baik lagi. Kami akan menghadapi lawan yang belum diketahui di babak 16 besar. Kami mungkin menjadi tuan rumah di laga kedua," ucapnya.

Man City memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions 2023/2024 dengan mencetak kemenangan sempurna. Selama lima laga, mereka selalu menang sehingga menduduki puncak klasemen.