Bagikan:

JAKARTA – Joe Cordina mempertahankan gelar juara kelas bulu super IBF setelah menang angka mutlak atas Edward Vazquez di Monte Carlo, Minggu, 5 November 2023.

Cordina diberi hasil imbang oleh juri Jeremy Hayes 114-114, sedangkan dua juri lainnya Deon Dwarte dan Jean Robert Laine kompak memberikan angka 116-112.

Kemenangan ini sekaligus memperpanjang rekor tak terkalahkan Cordina menjadi 17 pertarungan.

"Itu bukan penampilan terbaik saya, tapi tetap saja berhasil [mengalahkan dia]. Saya tidak terluka sama sekali," kata petarung asal Wales berusia 31 tahun tersebut, dilansir Sky Sport.

"Dia lebih baik dari yang saya kira. Saya senang. Saya meraih kemenangan melawan petarung yang bagus dengan penampilan yang buruk," imbuh Cordina.

Sabuk Cordina sebelumnya sempat dilucuti tahun lalu karena cedera. Namun, dia berhasil merebutnya kembali setelah meraih kemenangan keputusan terpisah atas Shavkat Rakhimov di Cardiff.

Vazquez memulai pertarungan melawan Cordina dengan berusaha untuk tetap bertahan menggunakan kombinasi cepat.

Namun, Joe Cordina menemukan jarak sarang dan langsung merasa lebih nyaman setelah mendaratkan beberapa serangan ke tubuh lawannya.

Dia juga terlihat bersabar saat ingin memberikan pukulan jab untuk menjaga jarak aman dengan Vazquez.

Cordina lalu menemukan kesempatan mendaratkan sebuah pukulan kuat sebelum Vazquez kembali memulihkan posisi dengan beberapa serangan balik yang solid pada ronde kelima.

Di ronde-ronde terakhir Cordina tampak puas setelah menyarangkan jab di antara tubuh dan kepala lawan untuk mencoba mengendalikan ritme pertandingan.

Meski begitu, Vazquez yang menerima sedikit luka di bagian mata kirinya pada ronde ke-11, tetap menyerang pada ronde terakhir.

Joe Cordina diperkirakan akan bertanding melawan pemegang gelar WBC O'Shaquie Foster atau pertarungan sesama petinju Inggris dengan Leigh Wood, yang akan naik divisi setelah menang atas Josh Warrington dan melepaskan gelar WBA-nya.