Bagikan:

 

JAKARTA – Iga Swiatek sukses mengalahkan Jessica Pegula untuk mengangkat trofi WTA Finals 2023 sekaligus kembali ke peringkat satu dunia.

Petenis asal Polandia tersebut menang mudah dua set langsung 6-1 dan 6-0 dalam laga pamungkas di Estadio Paradisus, Cancun, Meksiko, Selasa, 7 November 2023 pagi WIB.

Hasil ini membuat Swiatek menyalip Aryna Sabalenka sebagai petenis nomor satu dunia. Sabalenka sekarang turun ke posisi kedua, diikuti Coco Gauff melengkapi tiga teratas ranking WTA.

Ini adalah pertama kalinya Swiatek memenangkan turnamen WTA Finals. Ia merupakan juara termuda turnamen ini sejak kemenangan Petra Kvitova di tahun 2011 pada usia 21 tahun.

"Saya ingin berterima kasih kepada tim saya yang telah bersama saya sepanjang musim ini," ujar Swiatek seperti dilansir dari BBC Sport.

"Kami mengalami banyak pasang surut, namun ini jelas merupakan sebuah kemajuan, dan kami akan mendapatkan lebih banyak lagi jika kami terus bekerja seperti ini," ia menambahkan.

Final berlangsung sehari lebih lambat setelah cuaca buruk pada acara tersebut. Beruntung pertandingan kemudian bisa dimainkan dalam cuaca yang mendukung.

Swiatek dengan cepat bangkit dan mematahkan servis pada game keempat untuk memimpin 3-1 sebelum melaju untuk merebut set pertama dalam waktu 27 menit.

Pegula, petenis peringkat lima dunia, kemudian kehilangan servisnya untuk ketiga kalinya pada game pertama set kedua.

Swiatek lalu membuat lawannya kewalahan dan mematahkan servis untuk unggul 3-0. Dia lalu dengan nyaman mendominasi untuk mengamankan gelar WTA keenamnya musim ini dan ke-17 secara keseluruhan.

Swiatek akan menyelesaikan tahun 2023 sebagai pemain nomor satu dunia untuk musim kedua berturut-turut.