Iga Swiatek Dinobatkan Jadi Pemain Terbaik Tahun 2023
Iga Swiatek dinobatkan sebagai WTA Player of the Year 2023 atau Pemain Terbaik Tahun Ini (Instagram/@iga.swiatek).

Bagikan:

JAKARTA – Petenis nomor satu dunia, Iga Swiatek, terpilih menjadi WTA Player of the Year 2023 atau Pemain Terbaik Tahun Ini oleh Asosiasi Tenis Wanita (WTA).

Atlet asal Polandia tersebut mengantongi penghargaan itu untuk tahun kedua berturut-turut setelah mengakhiri musim ini sebagai petenis nomor satu dunia.

Sepanjang tahun ini Swiatek tercatat memenangi gelar Roland Garros, WTA Finals, serta empat gelar WTA lainnya masing-masing dari Beijing, Doha, Stuttgart, dan Warsawa.

Swiatek adalah petenis pertama sejak Serena Williams yang memenangi penghargaan ini secara beruntun.

Serena sebelumnya dinobatkan gelar serupa selama empat tahun berturut-turut antara tahun 2012 dan 2016.

Pemain Terbaik Tahun Ini didapat Swiatek setelah mengalahkan petenis-petenis seperti Aryna Sabalenka, Coco Gauff, dan Jessica Pegula.

Sabalenka dan Gauff juga memenangi gelar Grand Slam pada tahun ini. Petenis Belarusia itu memenangi Australia Open, sementara Gauff berjaya di kandang sendiri dengan mengangkat gelar US Open di Flushing Meadows.

Sementara itu, penghargaan untuk Ganda Terbaik Tahun 2023 diberikan kepada Storm Hunter dan Elise Mertens. Pasangan ini tercatat memenangi dua gelar WTA 1000 tahun ini.

Adapun Zheng Qin Wen dianugerahi sebagai Pemain Paling Berkembang atau Most Improved Player. Petenis berusia 21 tahun ini memenangi gelar WTA perdananya di Palermo dan menutup tahun ini dengan meraih medali emas di Asian Games serta mencapai final WTA Elite Trophy.

Lalu, Mirra Andreeva dianugerahi sebagai Pendatang Baru WTA Tahun Ini atau WTA Newcomer of the Year.

Petenis berusia 16 tahun ini berhasil menembus peringkat 50 besar setelah mengawali tahun ini di luar peringkat 400 besar.

Berikutnya, Elina Svitolina yang memenangi penghargaan untuk Pemain Terbaik Comeback Tahun 2023 setelah kembali beraksi pada bulan April lalu setelah istirahat melahirkan.

Petenis berkebangsaan Ukraina itu memenangi gelar hanya sebulan setelah kembali ke lapangan di Strasbourg.

Dia lalu melaju ke perempat final di Roland Garros dan semifinal Wimbledon usai mengalahkan Swiatek.