Bagikan:

JAKARTA - Meksiko U-17 akhirnya memastikan kelolosan ke fase 16 besar Piala Dunia U-17 2023 setelah menekuk Selandia Baru U-17 dengan skor 4-0.

El Tri, julukan Meksiko U-17, memantapkan diri sebagai runner-up Grup F menemani Jerman U-17 ke babak guru.

Stephano Carillo menjadi Bintang kemenangan El Tri di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, pada Sabtu, 18 November 2023. Dia mencetak brace.

Sejatinya, kemenangan mutlak Meksiko U-17 tak diraih dengan mudah. Selandia Baru U-17 nyaris unggul lebih dulu ketika laga baru memasuki tiga menit.

Usaha Luke Supyk yang sudah melewati kiper lawan harus digagalkan bek Meksiko U-17.

Setelah itu, duel berlangsung sengit. El Tri baru bisa mencetak gol pada menit ke-42 melalui Fidel Barajas. Skor 1-0 itu bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Meksiko U-17 langsung mendominasi di awal laga. Baru dua menit berjalan, mereka berhasil menggandakan keunggulan lewat aksi Adrian Fernandez De Lara.

Meski sudah unggul dua gol, El Tri tak mengendurkan serangan. Brace Stephano Carillo menjadi aktor menjauhnya keunggulan Meksiko U-17.

Dia mencetak dua gol pada menit ke-54 dan menit ke-67 melalui titik penalti.

Selandia Baru U-17 tidak bisa mencetak satu gol pun untuk memperkecil ketertinggalan. Skor 4-0 menjadi milik Meksiko U-17.

Raihan tiga poin itu membuat Meksiko U-17 bertengger sebagai runner-up Grup F Piala Dunia U-17 2023 dan memastikan tiket ke babak gugur.

Sebelumnya, Meksiko U-17 berharap lolos melalui jalur peringkat ketiga terbaik dengan koleksi satu poin. Namun, ternyata mereka bisa meraup tiga poin dan menggeser Venezuela U-17 dari tangga kedua.

Sementara itu, Venezuela U-17 sendiri takluk 0-3 dari Jerman U-17. Mereka kalah selisih gol dari Meksiko U-17 dalam perebutan tempat kedua.

Kendati demikian, Venezuela U-17 tetap melaju ke 16 besar sebagai penghuni tempat keempat di jalur peringkat ketiga terbaik dengan raihan empat poin. 

Dengan kata lain, bergesernya Venezuela U-17 ke jalur peringkat ketiga terbaik menendang Indonesia U-17. Garuda Muda menjadi terlempar ke tangga kelima sementara daftar peringkat ketiga terbaik atau tidak mendapat jatah lolos fase gugur Piala Dunia U-17 2023.