Leclerc Raih Pole, Langsung Targetkan Kemenangan di GP Las Vegas
Charles Leclerc merebut pole position GP Las Vegas 2023 (dok. AFP).

Bagikan:

JAKARTA - Charles Leclerc, pebalap Ferrari, sukses rebut pole position Grand Prix Las Vegas setelah tampil tercepiat pada sesi kualifikasi, Sabtu 18, November 2023.

Raihan itu membuat Leclerc akan memulai balapan utama di posisi terdepan pada Minggu, 19 November 2023 maktu setempat.

Tepat di belakangnya, berdiri juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) yang diikuti George Russell (Mercedes), dan Pierre Gasly (Alpine).

Leclerc mencatatkan lap tercepat 1:32,726. Raihan apik itu cukup membuat perasaan pebalap Ferrari itu campus aduk.

“Memulai dari pole adalah hal yang bagus. Namun, saya sedikit kecewa dengan lap saya di Q3 (kualifikasi 3). Saya tidak melakukan pekerjaan dengan cukup baik, tetapi itu cukup untuk P1 (pole 1) dan hanya itu yang kami butuhkan," ujar Leclerc di AFP.

Selepas meraih pole position, Leclerc langsung menggaungkan target juara pada balapan utama yang dihelat di Las Vegas Street Circuit.

"Sekarang fokus penuh untuk mencoba dan mengerahkan segalanya untuk balapan. Biasanya, di situlah performa kami paling kurang. Jadi, saya harap kami bisa menyatukan semuanya dan menang di sini."

Sejatinya, Leclerc punya catatan kurang bagus ketika memulai balapan dari pole. Dia belum pernah menang sejak Australia 2022 alias dalam 12 kali meraih pole sebelumnya.

Karena itu, perolehan pole position kali ini bisa menjadi ajang pembuktian diminua.

“Kepercayaan diri tinggi karena kami memulai dari posisi pertama, tempat terbaik untuk memulai. Di sisi lain kami tahu bahwa Red Bull akan menjadi sansat kuat dan Max jelas akan sangat kuat dalam kecepatan balapan.”

“Namun, saya merasa kami mendapatkan tanda-tanda positif akhir pekan ini, lebih banyak dibandingkan balapan lainnya. Jadi, saya harap kami bisa mengubah posisi terdepan itu menjadi kemenangan,” ujarnya.

Sementara itu, juara dunia tiga kali, Max Verstappen, menilai raihan grid kedua pada kualifikasi kali ini tidak terlalu buruk.

Dia mengaku akan segera memperbaiki performa dan bakal maksimal saat balapan.

"Menyenangkan di luar sana. Saya pikir kami memaksimalkan hari ini. Saya pikir sejauh ini kami sedikit kurang dalam performa satu lap dan itu cukup jelas," kata pembalap asal Belanda itu.

“Saya berharap pada balapan besok kami kembali tampil bagus dalam hal ban dan dapat bekerja keras ke depan,” tambahnya.

Terlepas dari itu, rekan setim Leclerc, Carlos Sainz, harus puas memulai balapan dari grid ke-12.

Sebetulnya, catatan Sainz di babak kualifikasi hanya tertinggal 0,044 getik saja dari Leclerc dan meraih grid kedua. Namun, Sainz dikenakan penalti grid 10 sehingga membuatnya terlempar jauh.

Starting Grid GP Las Vegas

1. Charles Leclerc

2. Max Verstappen

3. George Russell

4. Pierre Gasly

5. Alex Albon

6. Logan Sargeant 

7. Valtteri Bottas

8. Kevin Magnussen 

9. Fernando Alonso

10. Lewis Hamilton 

11. Sergio Perez

12. Carlos Sainz 

13. Nico Hulkenberg 

14. Daniel Ricciardo 

15. Lando Norris 

16. Esteban Ocon

17. Zhou Guanyu 

18. Oscar Piastri 

19. Lance Stroll

20. Yuki Tsunoda