Hasil F1 Las Vegas 2023: Lewati Balapan Sengit, Max Verstappen Amankan Kemenangan ke-18
Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappenfoto: instagram.com/@f1

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen berhasil keluar menjadi yang tercepat dalam balapan Formula 1 (F1) di Las Vegas. Kemenangan ini jadi yang ke-18 kalinya sepanjang musim 2023. 

Dalam balapan yang berlangsung di  Las Vegas Street Circuit pada Minggu, 19 November siang WIB. Verstappen unggul 2.070 detik dari Charles Leclerc, yang membuntuti dari posisi kedua. Sementara podium ketiga ditempati Sergio Perez. 

Perjalanan Verstappen di F1 musim ini terbilang mulus. Dari 21 balapan yang dijalaninya, ia berhasil mencetak 18 kemenangan, menempati podium kedua sebanyak dua kali dan sekali menempati urutan kelima.

Dari kemenangan ini, Verstappen kini telah mengantongi 549 poin. Verstappen keluar sebagai pemenang setelah menyentuh garis finis tercepat usai melahap 50 lap.

“Saya pikir ini menciptakan cukup banyak balapan di sini, jadi sangat menyenangkan. Saya harap semua orang sedikit menikmatinya, sudah bersemangat untuk kembali kesini tahun depan!,” kata Verstappen pasca balapan.

Sebelum akhirnya mengunci podium pertama, Verstappen menjalani pertandingan yang sengit. Balapan di lap pertama bahkan dimulai dengan insiden yang terjadi di tikungan pertama.

Sejumlah pembalap yakni Carlos Sainz, Fernando Alonso, Lewis Hamilton, dan Valtteri Botas terkena dampak tabrakan yang terjadi.

Di lap kedelapan, Verstappen dihukum penalti lima detik karena membuat Charles Leclerc keluar dari trek pada awal balapan. Hukuman itu jarak Verstappen dengan Leclerc hanya sekitar 2,038 detik saja.

Memasuki lap ke-36, persaingan sengit terjadi antara Sergio Perez dan Leclerc. Namun, Leclerc pada akhirnya bisa melewati Perez untuk memimpin balapan, kemudian satu lap berselang posisi balapan diambil alih Verstappen yang melewati Perez dan Leclerc.

Keberhasilan merebut posisi pertama itu membuat Verstappen terus nyaman di posisi terdepan. Persaingan sengit justru terjadi untuk memperebutkan posisi runner up.

Perez bisa merebut posisi kedua karena mobil Ferrari yang dikendarai Leclerc melebar pada lap ke-43. 

Upaya pembalap asal Monako itu memburu Perez membuahkan hasil karena Leclerc bisa melewati Perez di lap terakhir. Verstappen bisa finis pertama diikuti oleh Leclerc, sedangkan podium terakhir ditempati oleh Perez.