Podium Kedua yang Diraih Lewis Hamilton di F1 GP AS Menguap Begitu Saja
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (depan). (Foto: Twitter @MercedesAMGF1)

Bagikan:

JAKARTA - Nasib miris dialami pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, di Formula 1 Grand Prix Amerika Serikat. Podium kedua yang diraihnya menguap begitu saja.

Hamilton didiskualifikasi dari balapan karena melanggar aturan. Dia gagal dalam inpeksi papan penyangga sasis usai balapan.

Pebalap asal Inggris itu dipanggil delegasi teknis FIA, Jo Bauer, yang menemukan "skid" di bagian bawah jet daratnya yang berpotensi melanggar Pasal 3.5.9 e) dari peraturan teknis Formula 1 2023.

"Ketebalan rakitan papan yang diukur normal ke permukaan bawah harus 10 mm (plus atau minus) 0,2 mm dan harus seragam saat baru. Ketebalan minimum 9 mm akan diterima karena keausan, dan kesesuaian dengan ketentuan ini akan diperiksa di pinggiran lubang yang ditentukan," bunyi aturan tersebut.

Selain Hamilton, pebalap Ferrari, Charles Leclerc, juga mengalami nasib serupa. Keduanya telah dimintai kesaksian terkait hal ini.

Jika tak ada perubahan keputusan, ini jelas jadi pukulan telak buat Hamilton. Pasalnya dia sudah membalap dengan luar biasa di F1 GP AS.

Mantan juara dunia F1 itu finis kedua di belakang Max Verstappen yang memenangi balapan yang ke-50. Dengan keputusan FIA, posisi kedua kini diberikan kepada rekan setim Hamilton, Lando Norris.

Sementara posisi ketiga diambil alih pebalap Red Bull Racing, Carlos Sainz Jr. Untuk Leclerc, dia batal finis di posisi keenam.