Bagikan:

JAKARTA - Asian Para Games 2023 resmi dibuka di Hangzhou China pada Minggu, 22 Oktober pukul 18.00 WIB. Upacara pembukaan berjalan meriah.

Ratusan atlet turut hadir dan berkontribusi di pembukaan pesta olahraga disabilitas keempat ini.

Atlet lempar lembing, Riadi Saputra mendapat kehormatan menjadi flag bearer atau pembawa bendera Merah Putih untuk kontingen Indonesia. Selain Riadi ada juga 32 atlet yang turun dalam defile kontingen Indonesia yang merupakan perwakilan lima cabang olahraga yaitu atletik, blind judo, lawn bowls, powerlifting, dan shooting.

Saat pembukaan, para defile dari Kontingen Indonesia tampil memukau dalam balutan pakaian daerah-daerah nusantara. Hal ini juga sempat disinggung Chef de Mission (CdM) Indonesia, Angela Tanoesoedibjo sebagai upaya menunjukan kekayaan budaya bangsa Indonesia

"Ada yang spesial, pakaian yang kami kenakan, nanti ada adat Indonesia yang kami bawa dan ini merupakan simbol indonesia dan juga doa dan harapan bagi para atlet kita," kata Angela dalam rilis NPC Indonesia sebelumnya.

Upacara pembukaan Asian Para Games 2023 mengusung tema "Cerah, harmonis, tekun, dan berbagi". Pertunjukan menonjolkan budaya, memberdayakan teknologi, dan menarik secara emosional.

Adapun elemen kunci yang akan menyatukan semua tema ini adalah bunga osmanthus. Saat pembukaan ada properti yang menampilkan 22 karangan osmanthus emas yang sangat besar.

Dengan bantuan teknologi, penampakan bunga itu menampilkan konfigurasi yang berbeda-beda. Bunga yang jadi lambang gelaran kali ini sempat ditampilkan seperti air, terkadang seperti jembatan melengkung-sebelum akhirnya berubah menjadi mahkota raksasa, melayang di udara, menyambut setiap atlet saat mereka memasuki stadion.

Sebelumnya juga disampaikan, ketika upacara pembukaan Asian Games 2023 digelar akan ada semerbak harum roma bunga osmanthus yang akan tercium di seluruh penonton yang hadir.

Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2023 berkekuatan 130 atlet yang akan tampil dalam 12 cabang olahraga.

Tim Merah Putih juga berangkat dengan target besar yaitu mampu finis dalam 10 besar Asian Para Games 2023 Hangzhou dengan rincian memperoleh 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.