Setelah Umumkan Kontingen Asian Games 2023, Menpora Dito Ariotedjo Pastikan Tak Ada Cabor Berangkat Mandiri
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi mengumumkan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2023 di Hangzhou, (foto: ulfa/voi.id)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo resmi mengumumkan kontingen Indonesia untuk Asian Games 2023 di Hangzhou, China pada Jumat, 1 September 2023.

Bersamaan dengan itu, Menpora juga memastikan bahwa tidak akan ada kontingen yang berangkat secara mandiri. Kata Dito seluruh kontingen akan berangkatkan dan ditanggung oleh pemerintah yang dalam hal ini merupakan tanggung jawab Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Untuk (keberangkatan) jalur mandiri Asian Games 2023 tidak ada. Tetap semuanya (kontingen) merupakan tanggung jawab pemerintah dan budget juga dari pemerintah,” kata Menpora Dito Ariotedjo saat konferensi pers di Kantor Kemenpora, Senayan pada Jumat, 1 September sore WIB. 

“Karena semua berangkat membawa bendera merah putih dan sebagai perwakilan negara, jadi  kita ingin ajang Asian Games ini adalah ajang yang besar,” tambahnya.

Mengingat Asian Games 2023 ini merupakan agenda besar internasional, maka semangat yang dihadirkan juga tak tanggung-tanggung. Begitu juga soal tanggung jawab dari pemerintah yang ingin mendukung sepenuhnya upaya para atlet untuk mengharumkan nama bangsa ini. 

“Inikan (Asian Games 2023) bukan sekadar uji test event, karena itu Kemenpora berkomitmen untuk seluruh cabor yang memang ingin menembus Dunia internasional. Kami komitmen mensupport terkait keberangkatan di single event lainnya, maka dari itu kami putuskan agar tidak ada kontingen yang berangkat mandi,” bebernya.

Untuk Asian Games 2023, Menpora sebelumnya telah mengumumkan akan ada 414 atlet yang dikirim untuk mewakili Indonesia. Jumlah itu tersebar di 31 cabang olahraga yang akan diikuti di Hangzhou, China mulai tanggal 23 September hingga 8 Oktober mendatang. 

Soal target, Menpora percaya diri bahwa Indonesia bisa memperoleh setidaknya 12 medali emas dan masuk ke posisi ke-12 dalam daftar akhir perolehan medali.