Target 19 Emas, Berikut 12 Cabor yang Diikuti Kontingen Indonesia di Asian Para Games 2023
Atlet Indonesia yang akan berjuang di Asian Para Games 2023. (Foto: Dok. Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Asian Para Games 2023 akan mulai diselenggarakan di Hangzhou, China mulai 22-28 Oktober. Dalam pesta olahraga disabilitas empat tahunan itu, kontingen Indonesia memberangkatkan 266 orang.

Jumlah tersebut termasuk 130 atlet, ofisial, medis dan tim Komite Nasional Paralimpiade (NPC). Seluruh atlet nantinya akan berjuang tampil di 12 cabang olahraga (cabor).

Dari 12 cabor yang diikuti, para atlet memiliki tanggung jawab besar sebab ada target medali yang harus dicapai. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo sebelumnya sempat membeberkan target akhir dan medali emas yang mesti dicapai.

“Dari (Asian) Para Games Indonesia berharap dan memiliki target itu 10 besar dengan perolehan medali emas 17 atau 19," ujar Menpora di Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2023.

Meski target medali emas melebihi jumlah cabor yang diikuti kontingen Indonesia, tapi Menpora optimis para atlet bisa melampauinya. Sebab sejauh ini persiapan kontingen Indonesia sangat maksimal untuk menghadapi ajang empat tahunan ini.

“Jadi kami berharap bisa tercapai dan dari segi persiapan kami lihat kontingen para games sudah maksimal. Dan kami berdoa saja tidak meleset ke bawah tapi meleset ke atas,” kata dia.

Untuk menyambut Asian Para Games 2023 yang mulai digelar akhir pekan ini, kontingen Indonesia sudah bertolak menuju Hangzhou, China pada Senin 16 Oktober pukul 09.00 WIB dari Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Tim Merah Putih berangkat ke Hangzhou, China menggunakan pesawat carter Garuda Indonesia Airbus A330-300 dan sudah tiba di lokasi pada Senin sore pukul 16.00 WIB.

Berikut daftar cabor Asian Para Games 2023 yang diikuti Indonesia:

Para Archery

Blind Judo

Boccia, Lawn Bowls

Para Athletic

Para Badminton

Para Chess, Para Cycling

Para Powerlifting

Para Shooting

Para Swimming

Para Table Tennis