Presiden Jokowi Target Indonesia 10 Besar di Asian Games 2023 Hangzhou
Presiden Jokowi memberikan target tinggi untuk kontingen Indonesia di Asian Games 2023. (Foto: Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kontingen Indonesia finis di 10 besar klasemen akhir perolehan medali pada Asian Games 2023 Hangzhou.

Menpora Dito Ariotedjo sebelumnya memasang target Indonesia mendapat 12 medali emas dan finis di 12 besar untuk ajang yang berlangsung 23 September sampai 8 Oktober mendatang tersebut.

"Target saya masuk ke 10 besar. Biasanya hitungan saya tidak meleset," ujar Presiden dalam acara pelepasan kontingen Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 19 September 2023.

Target 12 medali emas itu tidak mencapai setengah dari yang didapat Indonesia pada Asian Games 2018 lalu di Jakarta dan Palembang. Ketika itu, Indonesia sukses membawa pulang 31 medali emas.

Pada saat itu, medali emas terbanyak buat Indonesia datang dari cabang olahraga pencak silat, yang tahun ini tidak dipertandingkan di Hangzhou, Cina.

"Selamat bertanding dan atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menantikan prestasi-prestasi dan emas yang sebanyak-banyaknya bisa kita raih," ujar Joko Widodo.

Di ajang Asian Games ke-19 kali ini Indonesia mengirimkan kontingen sebanyak 576 orang. Jumlah itu terdiri dari 413 atlet, 132 ofisial, serta ada 28 orang tim di Chef de Mission (CdM).

"Komposisi 78 atlet dan ofisial sudah berangkat ke China, 110 atlet dan ofisial masih melaksanakan pemusatan latihan di luar negeri, serta 360 atlet dan ofisial masih berada di Indonesia," ujar Dito.

Dalam pengumuman awal bulan ini, Indonesia sebenarnya hendak mengirim 415 atlet untuk 31 cabor yang diikuti. Akan tetapi, mundurnya cabang olahraga golf membuat jumlah atlet pun menyusut menjadi 413.