Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo membeberkan target kontingen Indonesia di Asian Para Games 2023 adalah finis di sepuluh besar.

Kontingen Indonesia berkekuatan 266 orang atlet, ofisial, medis, dan tim Komite Nasional Paralimpiade (NPC) sudah bertolak ke Hangzhou, Cina.

"Dari [Asian] Para Games Indonesia berharap dan memiliki target itu 10 besar dengan perolehan medali emas 17 atau 19," ujar Menpora di Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2023.

Dito mengatakan bahwa mudah-mudahan target tersebut dapat terwujud. Terlebih persiapan kontingen Indonesia sangat maksimal untuk menghadapi ajang empat tahunan ini.

"Jadi kami berharap bisa tercapai dan dari segi persiapan kami lihat kontingen para games sudah maksimal. Dan kami berdoa saja tidak meleset ke bawah tapi meleset ke atas," kata dia.

Sebelumnya, kontingen Indonesia di Asian Games sendiri telah meleset dari target. Hal itu lantaran beberapa cabang olahraga unggulan justru tidak mendapat medali seperti bulu tangkis.

Dito mengatakan untuk itu, kontingen Indonesia di Asian Para Games harus bisa memenuhi target. Ia ingin kegagalan yang sama tidak terulang di ajang disabilitas.

"Dan harus diulangi kami meleset satu medali emas dan satu peringkat di Asian Games, tapi tetap perjuangan atlet Merah Putih tetap harus kita apresiasi," kata dia.

Asian Para Games 2023 akan berlangsung dari 22 sampai 28 Oktober terdekat. Ini merupakan edisi keempat sejak pertama kali digelar tahun 2010 lalu di Guangzhou, China.