George Russell Merasa Musim Ini seperti <i>Rollercoaster</i> usai Menangi Balapan F1 GP Brasil
Pebalap Mercedes GP, George Russell. (Foto: Twitter/@MercedesAMGF1)

Bagikan:

JAKARTA - Mercedes GP menghentikan dominasi Red Bull Racing. Dua pebalap Mercedes sukses menempati podium satu dan dua balapan Formula 1 (F1) Grand Prix Brasil di Interlagos, Senin, 14 November 2022, dini hari WIB.

George Russell untuk pertama kalinya merasakan gelar juara setelah menjadi yang tercepat di Autodromo Jose Carlos Pace tersebut. Dia terus memimpin lomba sejak start dari pole position.

"Sungguh perasaan yang luar biasa. Musim ini seperti rollercoaster, bahkan pada balapan ini. Lewis sangat cepat," kata Russell selepas balapan, seperti dikutip via Antara, Senin.

Hamilton yang awal pekan ini mendapat gelar warga negara kehormatan Brazil, finis 1,529 detik di belakang rekan senegaranya itu setelah merestorasi posisinya imbas insiden dengan Max Verstappen pada awal lomba.

Pebalap Ferrari Carlos Sainz melengkapi podium pada tempat ketiga diikuti rekan satu timnya, Charles Leclerc di P4, setelah berjuang dari barisan belakang menyusul insiden dengan mobil McLaren Lando Norris.

Sejumlah pebalap "saling sikut" yang menyebabkan terjadi beberapa insiden pada awal lomba. Di antaranya, pebalap McLaen Daniel Ricciardo dan pebalap Haas Kevin Magnussen yang harus menyudahi balapan pada lap pertama setelah keduanya bertabrakan.

Pebalap kedua McLaren Lando Norris juga membuat ulah, mengirim pebalap Ferrari Charles Leclerc ke pagar pembatas sehingga steward mengganjar pebalap Inggris itu yang mengeluh mengalami masalah pada kemudinya, dengan penalti lima detik.

Kemudian juara dunia musim ini Max Verstappen terlibat kontak dengan rival utamanya, Lewis Hamilton di tikungan Senna. Sang pebalap Red Bull harus kembali ke pit untuk mengganti sayap depannya yang rusak dan diganjar penalti lima detik karena dianggap menyebabkan tabrakan.

"Kami telah bekerja keras tahun ini untuk meraih satu kemenangan jadi ini sangatlah layak untuk setiap orang di tim," kata Hamilton.

Di saat gelar juara dunia telah diraih Verstappen musim ini, Charles Leclerc dan Sergio Perez bersaing dalam perebutan peringkat kedua di saat mereka sama-sama mengoleksi 290 poin dengan satu balapan tersisa di Abu Dhabi pekan depan.