Bagikan:

JAKARTA - Duo pebalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc dan Carlos Sainz, berkibar di Kualifikasi F1 GP Meksiko 2023. Leclerc merebut pole position dan Sainz menempati posisi kedua. Sedangkan pebalap Red Bull Racing Max Verstappen yang menduduki posisi tiga menjalani investigasi.

Dalam sesi kualifikasi di Autodromo Hermanos Rodriguez, Mexico City, Minggu, 29 Oktober dini hari WIB, Leclerc dan Sainz berhasil menyalip di depan pada putaran pertama Q3. Verstappen gagal melewati kecepatan mereka meski duo Ferrari tidak menunjukkan peningkatan pada upaya kedua mereka.

Leclerc mencatat waktu 1 menit 17,166 detik. Sedangkan rekannya, Sainz mencatat waktu 1 menit 17,233 detik. Verstappen sendiri hanya memiliki catatan waktu 1 menit 17,263 detik.

Leclerc tak menduga dirinya bisa merebut pole position. Bahkan dia setengah bercanda mengatakan orang-orang mungkin tak percaya dia bisa melakukannya.

"Saya bahkan tak menyangka bisa menempati pole position. Apalagi, kami mengalami penurunan setelah FP3 (Free Practise 3). Tetapi dengan alasan tertentu kami justru malah bersatu sehingga bisa mengakhirinya dengan baik. Pemakaian ban baru juga banyak membantu," ucap Leclerc.

Keberhasilan menempati pole position menjadikan pebalap asal Monako ini berharap melanjutkannya di ajang balapan. Pasalnya dia beberapa kali berada di posisi itu tetapi gagal mengonversi juara saat balapan.

"Saya fokus pada balapan karea kami sudah sering menempati pole position tetapi kami harus bisa mengonversinya menjadi juara. Ini akan menjadi balapan yang tak mudah," ujar dia.

"Balapan di sini sangat sulit. Apa pun bisa terjadi. Jadi kami harus bisa tetap di posisi itu sampai akhir," katanya lagi.

Sementara, Verstappen dan pebalap Mercedes George Russel bakal diinvestigasi. Alasannya mereka dinilai menghalangi pilot lain di Q1 atau menyebabkan terjadinya penumpukan kendaran di ujung balapan.

Berbeda dengan pebalap Mercedes lainnya Lewis Hamilton yang juga sedang diselidiki atas insiden kebut-kebutan di bawah bendera kuning.

Hamilton sendiri menempati posisi enam di bawah Daniel Ricciardo (AlphaTauri) dan Sergio Perez (Bull Racing).

Oscar Piastri berada di urutan ketujuh, sementara rekan setimnya Lando Norris menjadi pembalap yang crash di Q1, dan Russell berada di posisi delapan. Valtteri Bottas dan Zhou Guanyu melengkapi posisi 10 besar untuk Alfa Romeo