Charles Leclerc Kalahkan Max Verstappen dalam Perebutan <i>Pole Position</i> F1 GP Australia, Lewis Hamilton Kelima
Pebalap Ferrari, Charles Leclerc, merebut pole position F1 GP Australia. (Foto: Twitter @F1)

Bagikan:

JAKARTA – Pebalap Ferrari Charles Leclerc mengklaim pole position di Formula 1 (F1) Grand Prix Australia. Ia mengamankan pole keduanya tahun ini setelah tercepat di kualifikasi Grand Prix Australia pada Sabtu, 9 April.

Leclerc yang memenangi balapan pembuka musim di Bahrain pada Maret lalu, mencatat waktu 1 menit 17,868 detik. Ia mengungguli pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, yang menempati posisi kedua dengan selisih 0,286 detik.

Keberhasilan Leclerc ini memberi Ferrari posisi pole pertama di Melbourne sejak Kimi Raikkonen pada 2007.

"Rasanya senang. Terlebih lagi, karena itu adalah trek yang selalu saya perjuangkan sebagai pebalap. Di Q3 (kualifikasi ketiga), saya berhasil menyatukan semuanya. Rasanya luar biasa. Besok kami hanya perlu melakukan awal yang baik dan mudah-mudahan kami bisa mempertahankan pole position," ujar Leclerc dilansir Reuters.

Sementara itu, rekan setim Verstappen, Sergio Perez, mengisi tempat ketiga, diikuti Lando Norris yang akan start dari baris kedua setelah menyelesaikan kualifikasi di posisi keempat.

Melengkapi lima besar adalah pebalap Mercedes Lewis Hamilton. Hamilton, yang merebut pole position dalam enam balapan sebelumnya di Melbourne, finis 0,957 detik di belakang Leclerc.

F1 musim ini sudah merampungkan dua seri balapan. Leclerc masih memimpin klasemen pebalap dengan 45 poin, diikuti Sainz dengan 33 poin dan Verstappen, yang menang di Arab Saudi dua pekan lalu, dengan 25 poin.

Hasil kualifikasi F1 GP Australia:

5 Besar

  1. Charles Leclerc 1:17.868
  2. Max Verstappen 1:18.154
  3. Sergio Perez 1:18.240
  4. Lando Norris 1:18.703
  5. Lewis Hamilton 1:18.825