Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil Megawati Hangestri jadi sedang menuai sorotan lantaran ia menunjukkan permainan voli yang menuai kekaguman. Seperti diketahui, Megawati dan timnya bermain di Liga Korea Selatan, Daejeon Cheng Kwan Jang Red Sparks. Lalu siapa ia sebenarnya?

Profil Megawati Hangestri

Megawati Hangestri Pertiwi adalah atlet bola voli asal Indonesia. Ia lahir pada 20 September 1999 di Jember, Jawa Timur. Megawati sendiri sempat menuntaskan pendidikan formalnya di Universitas Kahuripan Kediri pada tahun 2020 lalu dengan mengambil S1 Manajemen.

Megawati memang telah berkiprah di olahraga voli sejak lama. Bahkan saat ia berusia 14 tahun ia sudah berpartisipasi dalam kompetisi bola voli dengan posisi Opposite Spiker. Megawati juga sempat membela Surabaya Bank Jatim di Livoli Divisi Utama 2015. Kemampuannya dalam bermain voli makin dilirik setelah ia gabung dengan Jakarta Pertamina Fastron (JPF) yang berlaga di event Proliga.

Setelah bergabung dengan JPF, atlet Indonesia yang kini berusia 24 tahun itu juga sempat membela tim Jakarta BNI 46 Putri dan memutuskan pindah ke Jakarta ada 2018. Keberadaan Megawati ternyata terus mendongkrak performa tim yang dibelanya. Megawati juga ditarik ke Timnas Voli Putri Indonesia untuk ikut mengharumkan nama Indonesia, salah satunya ikut dalam SEA GAMES 2017 dan 2019.

Tak sekali dua kali Megawati berpindah klub. Ia tercatat sempat bergabung dengan beberapa tim beken seperti Bandung BJB Tandamata, Supreme Chonburi E-Tech Thailand, Ha Phu Thanh Hoa Vietnam, dan terakhir Daejeon Cheng Kwan Jang Red Sparks.

Di Red Sparks, Megawati cukup menarik perhatian karena penampilannya yang mengenakan hijab. Selain itu ia juga menunjukkan permainan yang menakjubkan saat membela timnya melawan Incheon Heungkuk Life Pink Spiders yang berujung pada kemenangan klubnya pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Selain meraih kemenangan, Megawati juga dinobatkan menjadi pemain voli terbaik MVP Liga Voli Korea usai membantu Daejeon CheongKwanJang Red Sparks. Ia bahkan menjadi buah bibir di Korea Selatan, terbukti dengan pemuatan atas sosok Megawati di media besar Korsel OSEN.

OSEN menjadikan Megawati sebagai headline dengan artikel yang berjudul Asia Quarter Mega Explosion. Di artikel tersebut media OSEN memberikan pujian terhadap Megawati yang disebut sebagai pemain baru. Selain itu permainan Megawati juga mendapat sorotan positif lantaran berhasil membawa Red Sparks ke perkembangan terbaik.

Perlu diketahui bahwa di musim sebelumnya jadi musim yang cukup suram bagi Red Sparks karena hampir mengalami kegagalan untuk maju ke postseason. Sedangkan di musim ini, Megawati berhasil meraih 31 poin.

Apresiasi juga didapatkan Megawati dari para penggemar olahraga bola voli berupa julukan Megatron. Ada pula yang menjuliki Megawati dengan panggilan Ninja Berkerudung karena hijab yang ia kenakan.

Itulah informasi terkait profil Megawati Hangestri. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.